Uang Rusak Atau Cacat Bisa Di Tukar Melalui Bank? Cek Disini Apakah Bisa

Uang Rusak Atau Cacat Bisa Di Tukar Melalui Bank? Cek Disini Apakah Bisa
Uang Rusak Atau Cacat Bisa Di Tukar Melalui Bank? Cek Disini Apakah Bisa
0 Komentar

RADAR GARUT –  Uang rusak atau cacat bisa di tukar melalui bank? cek disini apakah bisa, simak informasinya di bawah ini.

Uang rusak atau cacat adalah salah satu uang Rupiah yang ukuran atau fisiknya yang sudah berubah/berbeda dari ukuran aslinya tersebut yang dikarenakan terbakar, berlubang, hilang sebagian, robek, dan mengerut.

Bank Indonesia akan memberikan sebuah penggantian sebesar nilai nominal kepada masyarakat yang ingin menukarkan dengan sebuah uang rusak atau uang cacat sepanjang dapat dikenali keasliannya tersebut.

Baca Juga:Uang Kertas Edaran Lama Tahun 1992 Ini Di Taksir Capai Rp100 Juta Per LembarBisa Nomplok Rezeki Jual Koin Rp100 Rumah Gadang Setara harga 1 Motor Baru

Dijelaskan Saeful, ada beberapa syarat dan ketentuan dengan sebuah penukaran uang rusak baik untuk uang rupiah kertas yang rusak maupun uang rupiah logam yang sudah rusak.

“Selain di Bank Indonesia, Penukaran uang rusak bisa dilakukan di perbankan yang beroperasi di NKRI dengan syarat dan ketentuan tertentu,” ujarnya Di lansir dari sebayufm.tegalkota.go.id.

Untuk uang rupiah kertas yang rusak, penggantian uang diberikan dengan sebuah nilai yang sama dengan nilai nominalnya tersebut apabila memenuhi dengan sebuah seluruh persyaratan berikut di bawah ini:

Fisik uang Rupiah kertas tersebut yang lebih besar dari 2/3 (dua pertiga) ukuran aslinya.

Ciri uang Rupiah dapat dikenali keasliannya.

Uang Rupiah kertas rusak atau cacat masih adalah salah satu kesatuan dengan atau tanpa nomor seri yang sangat lengkap.

Uang Rupiah kertas rusak atau cacat tidak adalah satu kesatuan dan kedua nomor seri pada uang Rupiah kertas yang rusak tersebut lengkap dan sama.

Apabila fisik uang Rupiah kertas yang sama dengan atau kurang dari 2 atau 3 (dua pertiga) ukuran aslinya tersebut, tidak diberikan sebuah penggantian.

Baca Juga:Satu Keping Koin Rp500 Motif Bunga Melati Di Hargai Rp15 Juta Oleh Kolektor IniDi Bandrol Rp20 Juta Per Keping Uang Koin Rp25 Tahun 1971 Jadi Incaran Kolektor Kaya

Sementara Untuk uang rupiah logam yang sudah rusak, penggantian uang diberikan dengan sebuah nilai yang sama dengan nilai nominalnya tersebut apabila memenuhi dengan seluruh persyaratan berikut di bawah ini:

Fisik uang Rupiah logam lebih besar dari 1 atau 2 (setengah) ukuran aslinya tersebut.

Ciri uang Rupiah dapat dikenali dengan sebuah keasliannya.

0 Komentar