Berikut 10 Jajanan Tradisional: Kue Basah yang Banyak di Gemari Dengan Asal-Usulnya

Berikut 10 Jajanan Tradisional: Kue Basah yang Banyak di Gemari Dengan Asal-Usulnya
Berikut 10 Jajanan Tradisional: Kue Basah yang Banyak di Gemari Dengan Asal-Usulnya
0 Komentar

RADARGARUT- Berbagai makanan jajanan tradisional Indonesia memiliki makna dan sejarah yang unik, jajan tradisonal Indonesia dengan ciri khas yang manis membuat para penggemar banyak yang menyukai jajanan kue tersebut. Berikut ulasanya.

1. Klepon (Jawa)

Asal Usul: Klepon berasal dari Pulau Jawa dan telah menjadi bagian penting dari jajanan pasar. Jajanan ini terbuat dari tepung ketan dengan isian gula merah yang meleleh saat digigit.

Deskripsi: Bola-bola hijau berisi gula merah yang dibalut kelapa parut, memberikan perpaduan manis dan gurih yang khas.

,

Baca Juga:Odading: Kue Tradisional dengan Cerita Unik dari Zaman PenjajahanResep Membuat Chiffon Klepon Cake Anti Gagal dan Lembut

2. Serabi (Jawa Barat & Jawa Tengah)

Asal Usul: Dikenal sejak zaman kerajaan di Jawa, serabi dulunya dijual di pasar-pasar tradisional. Ada dua variasi: serabi Bandung yang manis dan serabi Solo yang lebih gurih.

Deskripsi: Jajanan mirip pancake yang terbuat dari tepung beras dan santan, biasanya disajikan dengan saus gula merah atau kuah kinca.

3. Lemper (Jawa)

Asal Usul: Lemper berasal dari tradisi masyarakat Jawa sebagai makanan yang sering disajikan pada acara adat dan perayaan.

Deskripsi: Berupa ketan yang diisi daging ayam atau abon, kemudian dibungkus daun pisang, memberikan rasa gurih dan legit.

4. Onde-Onde (Mojokerto)

Asal Usul: Onde-onde berasal dari Mojokerto dan sudah ada sejak masa Kerajaan Majapahit. Resep ini diadaptasi dari pengaruh budaya Tiongkok.

Deskripsi: Kue berbentuk bulat dengan lapisan wijen, berisi kacang hijau manis yang memberikan sensasi kenyal dan gurih.

5. Bika Ambon (Medan)

Asal Usul: Bika Ambon berasal dari Medan, Sumatra Utara. Meski namanya Ambon, kue ini populer di Medan dan mulai dikenal sejak masa kolonial Belanda.

Baca Juga:PDIP DPC Garut Buka Pendidikan Kader Pratama di Pakenjeng, Ini TujuannyaCawagub Jabar Ilham Habibie Bawa Tiga Program Unggulan untuk Subang

Deskripsi: Kue berongga dengan tekstur kenyal dan rasa manis, terbuat dari santan, gula, dan telur, serta biasanya ditambah perasa pandan.

6. Kue Cubit (Jakarta)

Asal Usul: Kue cubit berasal dari Jakarta dan populer sejak tahun 1980-an. Dulu dijual oleh pedagang kaki lima dan dinikmati anak-anak sekolah.

Deskripsi: Kue mini yang dimasak di cetakan dan disajikan dengan topping cokelat, keju, atau meses, memiliki tekstur lembut mirip pancake.

0 Komentar