Sekda Setiawan: Disperkim Miliki Peran Strategis terhadap Derajat Kesehatan Masyarakat Jabar

Sekda Setiawan: Disperkim Miliki Peran Strategis terhadap Derajat Kesehatan Masyarakat Jabar
Sekda Setiawan: Disperkim Miliki Peran Strategis terhadap Derajat Kesehatan Masyarakat Jabar
0 Komentar

RADAR GARUT –  Sekda Setiawan: disperkim miliki peran strategis terhadap derajat kesehatan masyarakat Jabar, simak informasinya di bawah ini.

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja menyatakan, Dinas Perumahan dan Permukiman Jabar memiliki sebuah peran strategis terhadap derajat kesehatan masyarakat Jabar ini.

“Disperkim memiliki peran yang strategis di dalam kontribusi terhadap derajat kesehatan seseorang,” kata  Setiawan saat ditemui usai menghadiri peringatan Hari Perumahan Nasional Tahun 2023 di halaman depan kantor Disperkim Jabar, Kota Bandung, Kamis (24/8/2023) di lansir dari portal Jabar.

Baca Juga:Cara Agar Koin Kuno Laku Rp20 Juta Per Keping Langsung Cair, Cek SelngkapnyaDi Kabupaten Bekasi Uang Koin Rp100 Rumah Gadang Di Buru Kolektor Dan Di Hargai Rp20 Juta Per Keping

Setiawan menuturkan, berdasarkan dengan teori H.L. Blum, menyebutkan, bahwa derajat kesehatan ditentukan oleh 40 persen faktor lingkungan, 30 persen faktor perilaku, 20 persen faktor pelayanan kesehatan, dan 10 persen faktor genetika (keturunan).

“Disperkim itu ada di lingkungan dan faktor lingkungan berkontribusi terhadap kesehatan sebesar 40 persen, yang 30 persen perilaku,” ungkapnya di lansir dari portal Jabar.

“Oleh karena itu kalau kita melihat lebih detail lagi faktor-faktor lingkungan ini, di antaranya adalah tugas-tugas dari Disperkim,” imbuhnya di lansir dari portal jabar.

Faktor lingkungan yang dimaksud menjaga kebersihan lingkungan dan sanitasi yang akan harus baik serta air bersih menjadi faktor penentu tertinggi dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

“Ventilasi, sanitasi, air bersih harus bagus, kemudian cahaya, tata letak, dan lain sebagainya. Kalau itu dikerjakan dengan baik artinya akan menyumbang 40 persen terhadap derajat kesehatan masyarakatnya,” tuturnya di lansir dari portal jabar.

Akan tetapi yang terjadi di masyarakat pada saat ini dalam meningkatkan derajat kesehatan justru lebih tinggi pada pelayanan kesehatan. Artinya, banyak masyarakat yang melakukan pengobatan atau kuratif di fasilitas kesehatan, kebersihan lingkungan kurang diperhatikan.

Ini juga yang akan harus dipahami oleh semua stakeholders bahwa peran strategis dari Disperkim Jabar yang sangat luar biasa dalam kontribusi terhadap derajat kesehatan masyarakat Jabar.

Baca Juga:Gubernur Jabar Ridwan Kamil: Jadikan Pemilu 2024 sebagai Festival Budaya Demokrasi yang DamaiWakub Garut Helmi Budiman Bangun Wawasan Kebangsaan dan Ajak Pemuda Garut Bersatu Lawan Narkoba

“Layanan kesehatan seperti rumah sakit itu hanya 20 persen. Hal ini yang harus betul-betul dipahami oleh semua pihak, termasuk mitra bahwa peran strategis Disperkim sangat luar biasa,” pungkasnya di lansir dari Portal Jabar.

0 Komentar