Kolaborasi DPRD Garut, Tagana, Baguna, dan BPBD Bersih-bersih Sampah di Situ Bagendit

Kolaborasi DPRD Garut, Tagana, Baguna, dan BPBD Bersih-bersih Sampah di Situ Bagendit
0 Komentar

GARUT – DPRD Kabupaten Garut bersama Tagana Dinas Sosial, Baguna PDI Perjuangan Garut, PAC dan ranting PDI Perjuangan, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, melakukan bersih-bersih sampah di situ Bagendit, Kecamatan Banyuresmi, Selasa (17/5/22).

Yudha Puja Turnawan, Anggota DPRD Garut menjelaskan, bahwa bersih-bersih sampah hari ini diinisiasi oleh Ketua DPRD Garut Euis Ida.

“Ini memang inisiatif lembaga DPRD, Bu Euis Ida Ketua DPRD Garut ingin ada gotong royong bersih-bersih kembali,” ujar Yudha Puja Turnawan.

Baca Juga:Lokasi Pembegalan Ramai Dilintasi KendaraanAtalia: Penting Kolaborasi Pentahelix Untuk Kebangkitan UMKM Jawa Barat

Yudha Puja Turnawan yang juga menjabat Ketua PDI Perjuangan Kabupaten Garut pada hari ini juga mengajak jajaran pengurus PAC PDI Perjuangan Banyuresmi juga ranting Desa Pamekarsari.

Yudha Puja Turnawan sendiri, sebelumnya juga sudah pernah membersihkan sampah di Situ Bagendit Garut. Dan ketika melihat kondisi hari ini, situ Bagendit kembali dipenuhi sampah. Tak hanya di area bermain, sampah juga banyak ditemui di area perairan situ Bagendit.

Tentu kondisi ini sangat tidak baik untuk kelangsungan wisata Situ Bagendit yang baru saja direvitalisasi oleh Pemerintah Pusat. Semua stakeholder menurutnya harus memikirkan bersama untuk menjaga kebersihan di situ Bagendit.

Dan yang paling urgent menurut Yudha Puja Turnawan harus segera dipikirkan  pengadaan bak sampah. Harus diperbanyak lagi bak sampah agar wisatawan yang berkunjung tidak membuang sampah ke dalam air situ.

Karena itu, Yudha Puja Turnawan mengajak BUMN maupun BUMD untuk ikut mengadakan bak sampah melalui dana CSR. Pasalnya jika mengandalkan anggaran pemerintah bisa saja lama karena harus direncanakan terlebih dahulu.

Namun jika ingin segera mungkin, bisa saja dana CSR dialokasikan untuk bak sampah. Misalnya seperti CSR dari bjb.

“Saya berharap ada CSR juga, karena kan kalau dari Dinas, Penganggaran harus direncanakan dulu ya. Kalau mau instan secepatnya, saya berharap ada CSR dari BUMN atau BUMD terutama seperti bjb,” ujarnya.

Baca Juga:Uu Ruzhanul Ajak Santri Jawab Kebutuhan Masyarakat tentang Ilmu AgamaPenampilan Fashion Show Motif Batik Daur Ulang Tutup KKJ dan PKJB 2022

“Saya harap bjb bisa mengalokasikan juga untuk pengadaan bak sampah atau tong sampah,” tambah Yudha. (fer/bbr)

0 Komentar