Kades Mau Nyaleg, Satu Desa di Cisurupan Belum Jelas Ikut Pilkades Atau Tidak

ILUSTRASI (foto pexels)
ILUSTRASI (foto pexels)
1 Komentar

GARUT – Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) DPK Cisurupan, H Muslim, menyebutkan bahwa ada seorang kades akan mengikuti pemilihan legislatif (pileg) di 2024, yaitu Kades Karamatwangi.

Oleh karena itu Muslim belum bisa memastikan apakah jika kades ini jadi nyaleg, desa Karamatwangi akan ditarik mengikuti pilkades di tahun ini atau tidak. Sementara untuk Kades Karamatwangi ini menurut Muslim, baru saja mengikuti pilkades di tahun 2021 lalu.

Di sisi lain, desa yang sudah dipastikan akan mengikuti pilkades di Cisurupan sebanyak 8 Desa.

Baca Juga:JQR Siapkan Hotline untuk Korban Gempa Turki dan SyiriaCelana Cream Cocok dengan Baju Warna Apa?

” Di Kecamatan Cisurupan dari 17 desa ada 8 desa yang akan melakukan pemilihan kepala desa serentak. Yang kesatu Desa Cidatar, kedua Desa Balewangi, ketiga Desa Cisurupan, keempat Desa Sirnagalih, kelima Desa Pakuwon, keenam desa Pangauban, ketujuh Desa Simpangsari, kedelapan Desa Pamulihan,” ujar H Muslim.

” Dan ada satu Desa yaitu Desa Karamatwangi. Desa Karamatwangi kan baru kemaren pemilihan kepala desa tahun 2021, tapi dia (kepala desa) sekarang mau mencalonkan dewan dari partai PKS,” ujarnya.

Oleh karena itu lanjut Muslim, apakah Desa Karamatwangi ini akan ditarik di pilkades tahun ini ataukah dijabat oleh pjs untuk mengisi kekosongannya.

” Cuman itu saya juga kurang tahu apakah itu akan melakukan pemilihan lagi atau apakah oleh Pjs (dijabat sementara). Jadi (apabila) dengan Karamatwangi akan ada 9 desa,” lanjut H Muslim.

Sementara itu dari informasi yang dihimpun Radar,  di tahun ini Pemerintah Kabupaten Garut akan melaksanakan Pilkades serentak di bulan Mei 2023.

Rencananya sebanyak 82 desa yang akan mengikuti pilkades serentak di Kabupaten Garut pada tahun 2023 sekarang.(gilang)

1 Komentar