oleh

Knalpot Bising di Pangkalpinang Diburu Polisi, Pemotor Garut juga Banyak yang Gunakan

 

PANGKALPINANG – Satuan Lalulintas Polres Pangkalpinang gencar memburu motor yang menggunakan knalpot bising atau brong di wilayah hukum Polres Pangkalpinang. Bahkan Senin (8/3), sedikitnya ada lima unit motor kembali diamankan.

Motor-motor ini pun ditilang dan ditahan selama tiga bulan di Satpas Polres Pangkalpinang. Hal itu guna membuat efek jera kepada pengendara terutama yang menggunakan knalpot brong.

Kasat Lantas Polres Pangkalpinang, AKP Dewi Rahmailis Munir pun kembali memperingatkan agar para pengendara yang saat ini motornya masih memakai knalpot brong agar segera diganti dengan knalpot standar pabrik. Jika tidak, pihaknya tidak akan segan memberikan sanksi tegas ketika motor terjaring dalam razia knalpot brong.

“Jadi kepada pemilik kendaraan, ganti segera knalpot brongnya, jangan sampai nanti kami tilang dan disita di Mapolres Pangkalpinang selama tiga bulan,” ujar Dewi kepada Babel Pos, Senin (8/3).

Dewi mengatakan, kegiatan razia knalpot brong ini dilaksanakan semata-mata untuk menjaga suasana kondusif, mengantisipasi kecelakaan dan situasi keamanan, keselamatan, ketertiban serta kelancaran (kamseltibcar) lantas.

“Banyak sekali masyarakat terganggu akan suara knalpot racing itu, selain meresahkan dan juga mengganggu istirahat di malam hari. Kegiatan ini akan terus kami laksanakan selama masih ada knalpot itu,” tegas Dewi seperti dikutip dari Babel Pos (Radar Garut Group).

Diakui Dewi, dalam sepekan ini hampir puluhan motor berknalpot racing terjaring oleh Satuan Lalu Lintas. Motor-motor tersebut terjaring dalam razia sistem hunting dan stasioner.

Dikatakannya, kegiatan tersebut dilaksanakan di sepanjang jalan yang ada di Kota Pangkalpinang. Dia berharap upaya penegakan seperti ini tentunya dapat memberikan rasa aman dan meningkatkan kesadaran pengguna jalan.

“Dalam razia ini, para pemilik kendaraan diberikan sanksi tilang dan menahan motor selama tiga bulan serta diwajibkan untuk mengganti knalpotnya dengan standar. Jadi kami harap ini bisa menjadi perhatian para pemilik kendaraan,” imbuhnya.

Sementara itu di Kabupaten Garut sendiri banyak pemotor yang menggunakan knalpot bising. Warga berharap ada operasi yang dilakukan Kepolisian untuk menindak pelaku.(pas)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.