Arga, Pengusaha Asal Ciamis Kembangkan Budidaya Ikan dengan Membina Kelompok Tani

0 Komentar

Gandeng Pengusaha Asal Bandung

RadarPriangan.com, CIAMIS – Seorang pengusaha asal Kabupaten Ciamis, Arga Susyla Prayoga membuat program pemberdayaan masyarakat di bidang pertanian dan perikanan. Pemberdayaan itu menggandeng seorang pengusaha asal Bandung, Hj Wiwin Siwundaryati dengan perusahaannya bernama PT Adwana Sinergis Pratama.

Pemberdayaan ini melibatkan kelompok tani (poktan) Wannajaya di Desa Jelat, Kecamatan baregbeg. Yaitu sebuah program membuat 200 kolam ikan untuk masyarakat.

Kegiatan ini pun mendapatkan simpati dan dukungan masyarakat setempat. Banyak masyarakat yang tertarik untuk mengikuti program tersebut.

Baca Juga:Terjadi Alih Fungsi Lahan, Dandim Garut Nilai Menjadi Faktor Terjadinya Banjir di Selatan GarutKNPI Garut Sarankan Dana Covid-19 Garut untuk Sektor Produktif

Pada hari Kamis (19/11) pengusaha asal Bandung pendiri PT Adwana Sinergis Pratama datang mengunjungi kelompok tani Wannajaya yang menjadi binaan.

Dalam kunjungan itu sekaligus dilakukan tebar benih ikan sebagai simbolis bentuk kerjasama. Juga sebagai bentuk nyata dukungan dan bantuan untuk Poktan Wannajaya dalam mewujudkan kawasan perikanan terpadu yang di dalamnya nanti terdapat 200 kolam ikan.

Arga Susyla Prayoga,S.E. menyampaikan, sebagai pengusaha putra daerah, dia merasa bangga di Desa Jelat sendiri ada kelompok tani yang punya konsep luar biasa.

Program ini menurutnya sangat penting karena menyangkut hajat hidup banyak orang terutama petani, peternak, dan para remaja putus sekolah. Konsep ini membuka lapangan kerja baru bagi warga sekitar.

” Untuk itu saya terpanggil untuk ikut bergabung di dalamnya, agar ke depan kami bisa membantu masyarakat lebih banyak lagi,” ujarnya.

“Saya sebagai putra daerah begitu bangga dan support kegiatan yang menyangkut dengan lapangan pekerjaan apalagi ini menyangkut hajat hidup masyarakat Kecamatan Baregbeg dan sekitarnya,” tambah Arga.

Keberadaan kelompok tani ini menurut Arga harus benar-benar diperhatikan dengan baik. “Semoga dengan adanya kelompok tani Wannajaya masyarakat di lingkungan bisa terus berkarya untuk membuat inovasi-inovasi yang bermanfaat bagi kehidupan masyarakat,” jelasnya.

Baca Juga:Bupati Garut Akan Keluarkan Surat Edaran untuk Membatasi KeramaianTekan Klaster Keluarga, Pemkab Garut Bentuk Satgas Tingkat RW

Lanjut Arga, dari pertemuan dengan pengusaha Bandung itu dibuat kesepakatan yang mana isi diantaranya pembangunan dan penyelesaian paket kolam yang terdiri dari 25 kolam ditambah 1 filter air.

Kemudian pengembangan dan distribusi pupuk cair organik, dan pengembangan laboratorium penetasan telor ikan milik Poktan Wannajaya sebagai sarana penyediaan benih ikan untuk proses budidaya pada kolam tersebut.

0 Komentar