oleh

Kulkas Meledak, Menyebabkan Rumah Warga Garut Hangus Terbakar

RadarPriangan.com, GARUT – Rumah warga Kampung Singkur, Desa Pasirlangu, Kecamatan Pakenjeng, Kabupaten Garut hangus terbakar pada Minggu (27/9) malam.

Kebakaran terjadi, diduga akibat dari ledakan kulkas sehingga menyebabkan api merembet dan membakar seisi rumah milik Gungun (47) seluas 3×6 meter.

Kepala UPT Dinas Pemadam Kebakaran (Dinas Damkar) Bungbulang, Aden Jamaludin membenarkan sumber kebakaran memang berasal dari sebuah kulkas.

“Ledakan tersebut mengeluarkan api yang kobarannya cepat menjalar dan merambat ke bagian plafon rumah dan bagian rumah lainnya ,” ujarnya, Senin (28/9/2020).

Pihaknya, diakui Aden, datang ke lokasi kejadian 18 menit setelah kebakaran terjadi usai menerima laporan kejadian dari petugas PLN. Saat tiba di lokasi, api sudah berkobar besar dan telah membakar beberapa bagian rumah.

“Kita membutuhkan lebih dari satu jam untuk memadamkan kebakaran tersebut dengan dibantu warga dan unsur lainnya. Alhamdulillah api bisa dipadamkan, dan dipastikan tidak ada korban jiwa maupun luka akibat peristiwa ini,” katanya.

Meledaknya kulkas tersebut kata Aden bisa karena beberapa hal, mulai karena gesekan panas, tarikan api dari arus listrik yang ada di stop kontak atau yang lainnya sehingga terjadi konsleting listrik. Dan tidak hanya kulkas, benda elektronik lainnya pun bisa terpicu ledakan akibat korsleting listrik itu. (igo/RP)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.