Kementerian Kelautan Suplai Paket Ikan Segar bagi Warga Terdampak Covid19 di Garut

0 Komentar

RadarPriangan.com, GARUT – Sulitnya warga di Kabupaten Garut memenuhi kebutuhan hidupnya di tengah pandemi Covid19 mengakibatkan kurangnya asupan protein warga. Kondisi ini mendapat sorotan dari Kementrian Kelautan dan Perikanan RI.

Sebagai responnya, masyarakat Terdampak Covid19 Kabupaten Garut mendapatkan 700 paket ikan segar dari bantuan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Peduli Covid19 dalam Rangka Bulan Mutu Karantina, Jumat (8/5/2020).

Bantuan yang diberikan BUSKIPM melalui Badan Karantina lkan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKlPM) diberikan untuk memenuhi kebutuhan gizi warga terdampak Covid19. Pemerintah pusat meluncurkan Bulan Mutu Karantina dengan mengusung tema “Ikan Sehat Bermutu untuk Menanggulangi Covid-19” yang juga berkoordinasi dengan Pemkab Garut.

Baca Juga:DPD KNPI Garut Kembali Bagikan Sembako, Datangi Langsung Rumah WargaPemkab Garut Menyiapkan 1.000 Unit APD Bagi Tenaga Medis

Kepala BUSKlPM, Woro Nur Endang Sariati, bersama stakeholder perikanan berupaya mendorong kebutuhan gizi masyarakat di tengah pandemi Covid-19 dengan membagikan produk perikanan seperti ikan beku, ikan kaleng, dan Ikan olahan (otak-otak ikan) untuk wilayah kabupaten Garut, kabupaten Tasikmalaya dan kota Tasikmalaya

“Bulan Bakti (mutu, red) menjadi salah satu aksi KKP, khususnya BUSKIPM, untuk turut berperan aktif melawan pandemi melalui penyediaan protein ikan,” kata Woro dalam Peduli dan Berbagi yang dilakukan bersama Unsur Pemerintah Daerah Kabupaten Garut, di Pamengkang Garut.

Pembagian ikan segar ini langsung diterima oleh Kepala BUSKIPM yang didampingi oleh Bupati dan jajarannya termasuk Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan yang turut dihadiri Anggota Komisi IV Dapil Jabar IX, Khoerudin menyerahkan secara simbolis bantuan ikan kepada Bupati Kabupaten Garut, Rudy Gunawan.

Total ikan beku yang diserahkan, terdiri dari ikan beku sebanyak 2,4 ton, ikan kaleng sebanyak 3600 pcs dan ikan olahan sebanyak 1,200 pcs. Kabupaten Garut 700 Paket, Kabupaten Tasikmalaya 400 Paket, Kota Tasikmalaya 100 Paket Yang diantaranya Kabupaten Garut sebanyak 13 Kecamatan dan Tasikmalaya sebanyak 12 Kecamatan.

Adanya kegiatan selama Bulan Mutu Karantina ini diharapkan dapat mendorong kebutuhan protein masyarakat di tengah pandemi Covid-19 serta membangun kesadaran dan pemahaman masyarakat akan pentingnya perkarantinaan ikan, pengendalian mutu dan keamanan hasil perikanan serta keamanan hayati ikan.

Terpisah, Bupati Garut Rudy Gunawan, mengatakan, masalah pemenuhan kebutuhan pangan menjadi bagian dari prioritas Pemkab Garut selama penanggulangan Covid19, termasuk warga Garut wilayah selatan yang ikut terdampak.

0 Komentar