Cabor Catur Resmi Dibuka, Ketua Percasi Garut: Banyak Pemain Kelas Dunia Dimulai dari Kejuaraan Kecil

Ketua Percasi Kabupaten Garut (tengah) H. Dr. Yusep Mulyana, SH. MM, berfoto bersama dengan Zaki Lesmana, Pemb
Ketua Percasi Kabupaten Garut (tengah) H. Dr. Yusep Mulyana, SH. MM, berfoto bersama dengan Zaki Lesmana, Pembina Percasi Garut, (kiri) dan Tito perwakilan KONI (kanan).
0 Komentar

GARUT – Dalam gelaran Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Garut tahun 2024, Cabang Olahraga (Cabor) Catur resmi dibuka pada Senin 22 Juli 2024 sampai dengan Kamis 25 Juli 2024, mendatang. Pembukaan Cabor catur tersebut digelar di SMK YBKP3 Pataruman, Jalan Terusan Pembangunan, Tarogong Kidul, Garut, Senin 22 Juli 2024.

Ketua Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kabupaten Garut, Dr. H. Yusep Mulyana SH.M,H, menyampaikan, bahwa pada gelaran Porkab tahun 2024 ini, selain menjadi salah satu langkah nyata guna memicu majunya olahraga Catur di Garut, juga guna memperkuat hubungan tali silaturahmi.

“Kami ketua Percasi tentunya menyambut baik dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang terlibat, atas capaian dan kerja kerasnya dalam melaksanakan kegiatan ini,” ujarnya.

Baca Juga:Gejala yang Dirasakan Penderita DBDKetua PDIP Garut Diserang DBD, Sejumlah Jurnalis Menjenguk

Dirinya sangat optimis melalui kejuaraan Porkab ini dapat menjadi salah satu sarana pencarian bibit-bibit potensial untuk atlet Catur di Jawa Barat, “kami juga optimis, melalui kejuaraan seperti ini dapat menjadi sarana konsolidasi, adu bakat dan tentunya prestasi,” katanya.

Menurut Yusep, olahraga Catur ini telah menjadi bagian dari hidup manusia yang dapat memberi andil besar sebagai dasar peletakan pembangunan nasional.

“Karena salah satu tujuan pembangunan nasional saat ini adalah peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia, meliputi peningkatan kualitas mental dan fisik. Hal tersebut tentu sangat sejalan dengan misi pertama kita Pemerintah Kabupaten Garut yakni upaya pembinaan mental dan fisik, agar kelak kita memiliki SDM yang berkualitas,” ungkapnya.

“Mari kita jadikan kejuaraan ini sebagai upaya untuk membentuk SDM yang berkualitas secara fisik dan mental, memperkuat karakter bangsa, meningkatkan persatuan dan persaudaraan, serta meningkatkan persatuan dan persaudaraan serta meningkatkan perstasi olahraga Catur di Garut,” sambungnya.

Ia menekankan, khususnya kepada seluruh peserta Catur Porkab tahun 2024 ini dapat memanfaatkan kejuaraan untuk mengasah kemampuan, serta menunjukan permainan terbaiknya.

“jangan pernah pesimis, karena tidak sedikit pemain dunia yang lahir dari kejuaraan-kejuaraan kecil seperti ini, yang terpenting itu niat, itikad dan konsisten. Terus berlatih, bekerja keras dan disiplin,” ujarnya.

Yusep menyebutkan, bahwa peserta yang mengikuti olahraga Catur dalam gelaran Porkab tahun 2024 ini diikuti oleh 34 Kecamatan, ” yang tidak ikut itu Kecamatan Pameungpeuk, Cibalong, Cikelet, Cisompet, Cikajang, Pamulihan, Pakenjeng dan Selaawi, mereka beralsan belum ada atlet yang berkompeten. Kami mungkin setelah acara Porkab ini akan melakukan konsolidasi dan pembinaan ke Kecamatan – Kecamatan, khusunya yang belum ada atlet caturnya,” katanya.

0 Komentar