Indonesia Alami Kerugian 1,225 Miliar Setiap Hari Akibat Serangan Siber

Indonesia Alami Kerugian 1,225 Miliar Setiap Hari Akibat Serangan Siber
Indonesia Alami Kerugian 1,225 Miliar Setiap Hari Akibat Serangan Siber (Sumber gambar dari Kominfo)
0 Komentar

RADAR GARUT- Indonesia mengalami kerugian senilai 1,225 miliar rupiah setiap harinya akibat serangan siber. Data ini didapat dari Kementerian Komunikasi dan Informatika dan diperkuat oleh Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, seperti yang tertulis dalam siaran pers dari Eset Indonesia.

Dilansir dari Kominfo.go.id, menurut perusahaan keamanan siber Eset, ransomware masih menjadi ancaman utama bagi keamanan siber berbagai perusahaan pada tahun 2018.

“Malware akan tetap merajai di tahun 2018. Terutama, ransomware akan meningkat karena pembuatnya tidak pernah tertangkap,” jelas Yudhi Kukuh, Country Manager Eset Indonesia, saat ditemui CNNIndonesia.com dalam acara Cyber Security Indonesia 2017 di Jakarta Convention Center, Rabu (7/12).

Baca Juga:Candaan Geni Faruk Soal Thariq Halilintar Naik Haji Sejak Bayi Jadi Sorotan NetizenFilm Jurnal Risa The Movie Tayang di Bioskop 11 Juni 2024, Berikut Sinopsis dan Daftar Pemain

Sebelumnya, serangan ransomware sempat heboh di Indonesia dan berimbas pada beberapa rumah sakit. Yudhi menjelaskan bahwa solusi keamanan yang tepat diperlukan untuk menghadapi tren serangan malware pada 2018.

Untuk menangkal serangan, Eset menyediakan solusi keamanan empat lapis: mendeteksi serangan, merespons, memprediksi, dan melakukan pencegahan terhadap serangan siber.

 Deteksi Serangan

Eset menggunakan teknologi GreyCortex-Mendle untuk mendeteksi serangan. Teknologi ini mempelajari pola malware dan menggunakan pola tersebut untuk mengenali jika ada serangan yang dilancarkan ke sistem.

 Respon

Sistem akan mengeluarkan peringatan kepada admin perusahaan setelah mendeteksi serangan, sehingga tindakan segera dapat dilakukan.

 Prediksi

Teknologi threat intelligence digunakan untuk memprediksi serangan. Solusi ini bisa melakukan analisis di dalam jaringan, melihat apa yang salah ketika serangan terjadi, dan memprediksi serangan yang akan datang.

 Pencegahan

Tindakan pencegahan dilakukan dengan memberikan benteng pada komputer dan server. Teknologi ini juga membantu mengamankan data di hard disk laptop pengguna akhir jika perangkat dicuri atau hilang.

Solusi keamanan ini disediakan dalam paket Eset Enterprise Security Solutions, yang tidak hanya mencakup end-point tetapi juga melindungi jaringan dan menganalisis kejadian di dalam jaringan.

Baca Juga:Rekomendasi Film Terbaik yang Tayang di Bioskop pada Juli 20245 HP Layar Lipat Paling Murah, Harga Terjangkau di Bawah 10 Juta Rupiah!

“Kita punya solusi terintegrasi dalam arti solusi itu tidak hanya mencakup end-point. Kita punya solusi untuk melindungi jaringan dan menganalisis apa yang terjadi di jaringan,” kata Yudhi.

0 Komentar