Musim Hujan Tapi Masih Panas, Ini Penjelasan BMKG Penyebab Panas di Musim Penghujan

Musim Hujan Tapi Masih Panas, Ini Penjelasan BMKG Penyebab Panas di Musim Penghujan
Musim Hujan Tapi Masih Panas, Ini Penjelasan BMKG Penyebab Panas di Musim Penghujan
0 Komentar

RADAR GARUT –  Musim hujan tapi masih panas, ini penjelasan BMKG penyebab panas di musim penghujan, simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas 1 Bandung tersebut yang menyebut adanya cuaca panas ditengah musim hujan, disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya merupakan dengan penurunan curah hujan.

Kepala BMKG Kelas 1 Bandung, Teguh Rahayu mencatat sampai pekan kedua di bulan Desember 2023 ini, suhu tertinggi khususnya di wilayah Bandung Raya yang dapat mencapai sampai 32,9 derajat Celsius dan Kelembapan Relatif tertinggi merupakan 90 persen.

Baca Juga:Viral! Gus Rahajo Ungkap Kisah Ganjar dan Jokowi Yang Tidak Diketahui PublikPrabowo Bangga Jokowi Ada di Pihaknya, Prabowo Begandeng Tangan Dengan Presiden

“Hal ini disebabkan oleh adanya gangguan gelombang ekuatorial atmosfer. Sehingga pola pertumbuhan awan lebih banyak terjadi di Jawa bagian tengah menuju timur, sehingga pada awal dasarian II (minggu kedua) Desember, wilayah Jawa Barat dan Sumatera bagian selatan mengalami penurunan jumlah curah hujan,” ucapnya berdasarkan keterangannya, Selasa (19/12).

Teguh memprediksi, kondisi tersebut yang akan terus terjadi sampai pertengahan di minggu ketiga Bulan Desember nanti. Ada pun faktor yang lainnya selain penurunan curah hujan, suhu panas juga yang terjadi dengan akibat banyaknya uap air di atmosfer yang terbawa monsoon Asia.

“Jadi menyebabkan udara yang mengandung uap air, kemudian kondisi perawanan yang terbuka, dan sedikitnya kejadian hujan menjadi sebab mengapa cuaca terasa gerah akhir-akhir ini,” ungkapnya.

Meski begitu, teguh yang menuturkan dengan adanya sebuah kondisi cuaca seperti ini, masyarakat diharapkan untuk tetap waspada dan tetap mengantispasi dari sebuah terjadinya potensi bencana.

“Walaupun terjadi penurunan, hujan dalam skala sangat lokal masih terjadi, sehingga masyarakat dihimbau apabila terjadi cuaca ekstrim agar tidak memaksakan perjalanan, dan diharap untuk mencari tempat berlindung di tempat yang kokoh,” pungkasnya.

Demikian informasi mengenai Musim Hujan Tapi Masih Panas, Ini Penjelasan BMKG Penyebab Panas di Musim Penghujan.

0 Komentar