Mau Investasi Emas? Yuk Kenali Dulu Kadar Karat dan Kandungan Emas!

Mau Investasi Emas? Yuk Kenali Dulu Kadar Karat dan Kandungan Emas!
Mau Investasi Emas? Yuk Kenali Dulu Kadar Karat dan Kandungan Emas!
0 Komentar

RADAR GARUT – Emas sudah lama dipercaya dan digunakan untuk hiasan berupa perhiasan emas dan banyak digunakan sebagai sarana investasi. Nilai atau karat emas apa yang harus Anda pilih?

Karat adalah ukuran  kandungan emas. Karat menunjukkan persentase emas dalam suatu benda, seperti perhiasan atau sebatang logam mulia.

Karat adalah hal yang sering dipertimbangkan orang saat membeli emas. Istilah karat berasal dari bahasa Yunani kuno yaitu keration. Keration ini mengacu pada biji belalang, sejenis kacang-kacangan.

Baca Juga:Di Bandung Ada Tempat Jual Uang Koin Kuno, Harga Koin Bernilai Hingga Ratusan JutaKenali Kadar Emas 22, 23 dan 24, Begini Perbedaanya!

Jadi jika sebuah perhiasan terbuat dari logam yang terdiri dari 18 bagian emas dan 6 bagian tembaga, itu adalah emas 18 karat. Menurut kemurnian emas 18 karat ini, 23/24 X 100% = 95,833%.

Jika 24 bagian emas seluruhnya terbuat dari emas murni, maka disebut emas 24 karat atau emas 24 karat, yaitu 99,99 karat.

Menurut Britannica, sistem pengukuran karat emas dimulai dengan produksi koin emas yang disebut tanda pada Abad Pertengahan. Koin emas itu 24 karat, seukuran biji karang.

Investor pemula harus tahu bahwa emas murni tidak dapat digunakan untuk membuat koin emas karena terlalu lunak dan mudah dibentuk.

Untuk membuat koin emas yang keras, Anda memerlukan campuran logam lain, seperti perak atau tembaga.

Jadi, kemurnian  koin emas  diukur sebagai persentase dari berapa banyak bagian paduan yang merupakan emas murni.

Sampai saat ini karat juga digunakan untuk mengukur kemurnian emas, baik untuk mengukur emas batangan maupun perhiasan emas.

Baca Juga:Uang Kertas Kuno Paling Populer Laku Dijual Mahal, Buruan Cek Disini!Mengejutkan! Uang Koin Rp100 Tahun 1978 Gambar Wayang Dijual Hingga Rp50 Juta

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, emas 24 karat merupakan konsentrasi tertinggi. Harganya juga sudah naik. Menariknya, emas 24 karat jarang digunakan untuk membuat perhiasan.

Mengapa? Seperti yang Anda ketahui, emas adalah logam yang tahan terhadap korosi dan oksidasi. Hanya tiga bahan kimia yang bereaksi dengannya yaitu aqua regia, fluor, dan klorin. Tak heran, barang dengan kandungan emas tinggi harganya lebih mahal.

0 Komentar