Gempa Turki Meluluhlantakan Ribuan Rumah dan Korban Jiwa, Dampaknya Hingga ke Suriah

gempa turki
Dampak dari gempa dahsyat di Turki. (Volkan Kasik/Anadolu Agency via Getty Images)
0 Komentar

Gempa Turki berkekuatan magnitudo 7,8 yang terjadi pada Senin, 6 Februari 2023 Pukul 04.00 waktu setempat benar-benar meluluhlantakan ratusan bangunan dan korban jiwa.

Berdasarkan informasi yang Jabar Ekspres (Radar Garut) lansir dari berbagai sumber, Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), pusat gempa berada di lokasi dengan jarak 23 kilometer sebelah timur Nurdagi, Provinsi Gaziantep.

Jumlah Korban meninggal dunia dilaporkan mencapai ribuan orang dan masih ada kemungkinan angkanya terus bertambah, mengingat masih banyak korban yang masih dalam pencarian dan berada di bawah reruntuhan bangunan.

Baca Juga:Situs Penghasil Uang Adsalo hingga Rp510.000, Langsung Cair!Pendaki Asal Temanggung Meninggal Dunia di Gunung Sagara Garut

Mengutip dari hasil survei Geologi Amerika Serikat (United States Geological Survey/USGS) korban meninggal dunia pasca gempa Turki magnitudo 7,8 diperkirakan mencapai 10 ribu orang.

Sedangkan untuk wilayah terdampak gempa dengan kondisi paling parah berada di Turki wilayah tengah sampai dengan selatan Turki, mulai dari daerah Hatay, Osmaniye, Gaziantep, Kahramanmaras, Adiyaman, Malatya, Diyarbakir, Sanliurfa, Adana dan Kilis.

Sejumlah rumah sakit di wilayah terdampak gempa terus didatangi para korban yang harus ditangani, untuk itu berdasarkan situasi dan data tersebut diperkirakan jumlah korban terus bertambah.

Getaran gempa Turki nampaknya tidak hanya dirasakan di Negara itu melainkan Negara-negara tetangga seperti Suriah.

Berdasarkan laporan sementara, di negara Suriah terdapat Korban tewas yang mencapai 200 orang lebih dan korban luka-luka sekitar 600-an orang.

Petugas masih berusaha mencari korban diantara puing-puing reruntuhan bangunan, mengingat dimungkinkan masih ada warga yang tertimpa reruntuhan, begitu juga potensi ada korban lainnya.

“Enam ratus tiga puluh sembilan orang terluka dan 237 orang tewas di provinsi Aleppo, Latakia, Hama dan Tartus,” kata perwakilan dari Kementerian Kesehatan Suriah dalam salah satu pernyataan resminya.

Baca Juga:Prediksi Real Madrid vs Valencia 3 Februari 2023, Live Nonton Vidio dan Hindari score808, yalla shoot, koora liveGempa Garut Dipicu Sesar Garsela, BMKG Minta Warga Tetap Tenang

Pesan Erdogan Kepada Rakyatnya Pasca Gempa Turki

Sementara Presiden Recep Tayyip Erdogan langsung mengeluarkan pernyataan melalui akun media sosial twitter pribadinya.

Dalam pernyataannya, Erdogan mendoakan keselamatan warganya, dan mengambil langkah taktis untuk mengerahkan seluruh unit dan pihak terkait untuk bersiaga dan menangani dampak paska gempa.

0 Komentar