Anak Susah Makan ? Ini 6 Cara Untuk Membantu Meningkatkannya

Sumber Gambar: (Shutterstock)
Sumber Gambar: (Shutterstock)
0 Komentar

1. Hindari Terus Memaksa Anak

Ketika anak anda tidak mau makan, mungkin Anda sebagai orangtua merasa tidak sabar dan akhirnya memaksanya untuk makan. Padahal mengatasi anak susah makan dengan memaksanya menghabiskan makanan tidak membuat nafsu makan anak bertambah. Malah sebaliknya, anak  akan semakin menghindar dan malas untuk makan . Lakukan cara lain agar anak mau makan, contohnya dengan membujuk anak dengan cara yang lembut.

2. Membuat menu makanan yang bervariasi dengan tampilan yang menarik

Buatkan menu makanan sehat untuk anak yang bervariasi, misalnya dengan membawakan bekal sekolah anak yang menarik. Semakin bervariasi bahan makanan yang Anda gunakan maka semakin bernutrisi makanan anak. Sediakanlah makanan dengan tampilan yang menarik misalnya dengan menghias makanan seperti kartun favoritnya. Cara ini mungkin bisa membantu meningkatkan nafsu makan anak.

3. Berikan porsi makan kecil dengan lebih sering

Jika anak anda sedang mengalami susah makan, jangan langsung memberikan makanan dengan jumlah porsi yang besar. Sebaliknya berikan makan sedikit-sedikit saja tetapi sering. Berikan porsi makan yang kecil kemudian dua hingga tiga jam berikutnya beri anak makan dengan menu baru.

Baca Juga:Wajib Tahu ! Cara Jitu Mencegah Sembelit pada AnakResep Ayam Kecap Mentega Enak dan Gampang

4. Ajak anak untuk menyiapkan menu makannya

Anda bisa mengajak anak untuk menyiapkan menu sarapan atau bekalnya, hingga memita anak untuk memilih menu favoritnya. Biasanya anak akan tertarik untuk makan jika ia membatu dalam menyiapkan makanan tersebut.

5. Pastikan makanannya penuh dengan nutrisi

Sebagai orangtua, Anda harus memastikan makanan yang dikonsumsi oleh anak penuh dengan nutrisi. Kandungan mineral dan vitamin dalam makanan juga bisa membantu membuat nafsu makannya meningkat.

Ada beberapa kondisi yang sebaiknya segera dilaporkan kepada dokter anak saat anak susah makan.

0 Komentar