Jamtanas Gelar Pelatihan Wawasan Kebangsaan Tahap 2 di Universitas Garut, Diikuti 125 Peserta dari Unsur Kepemudaan

Editor:

GARUT – Jaringan Muda Ketahanan Nasional (Jamtanas) melakukan Pelatihan Wawasan Kebangsaan dan Penguatan Ideologi Pancasila tahap kedua di Gedung Aula Universitas Garut Jl.Raya Samarang Kecamatan Tarogong Kidul Garut, Rabu (25/5/2022).

Dalam kesempatan yang kedua ini, Jamtanas menghadirkan peserta sebanyak 125 orang dari berbagai kalangan pemuda di Kabupaten Garut.

Drs. Nurodin. M,Si Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Garut dalam sambutannya, ia menyampaikan bahwa pendidikan pemahaman Pancasila di kalangan anak muda sangatlah penting di tengah berkembangnya zaman.

” Selain memahami, kita juga mesti mengimplementasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila itu sendiri dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Lanjut Nurodin, dengan idiologi Pancasila, Indonesia selama ini mampu memupuk keberagaman yang dimiliki. Indonesia Negara yang kaya raya, beragam suku, agama, bahasa, warna kulit, semua ada dalam ikatan Negara Kesatuan Republik Indonesia tanpa terpecah belah dan tanpa ada perbedaan.

” Kita mesti menjaga keberagaman ini sebagai anugerah dari Allah SWT kepada Indonesia,” Katanya.

” Maka dari itu saya berharap nanti para peserta ini bisa berkontribusi lebih terhadap negara dengan mengamalkan Pancasila di dalam kehidupan sehari-hari baik di tempat kuliahnya ataupun di rumahnya masing-masing sesuai dengan kemampuannya masing,” Pungkasnya.

Selain memberikan sambutan Nurodin diberikan kesempatan untuk membuka acara Pelatihan Wawasan Kebangsaan dan Penguatan Ideologi Pancasila yang ke 2 pada tanggal 25 Mei 2022.

” Saya ucapkan Bismillahirrohmanirrohim kegiatan Petihan Wawasan Kebangsaan dan Penguatan Ideologi Pancasila Provinsi Jawa Barat tahun 2022 dengan tema Pemuda Unggul Berwawasan Pancasila, saya nyatakan dibuka Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,” ucap Nuorodi.

Yogi Ketua pelaksana dalam sambutannya menyampaikan terima kasih banyak kepada semua pihak yang telah ikut serta menyukseskan acara Pelatihan Wawasan Kebangsaan dan Ideologi Pancasila tahap kedua ini.

BACA JUGA: JAMTANAS Gelar Pelatihan Kebangsaan dan Ideologi di Universitas Garut

Menurut Yogi, dalam pelatihan yang kedua ini tidak jauh beda dengan yang sebelumnya, perserta akan diberikan pebekalan dan materi-materi tentang tatacara merawat dan menangkal paham-paham yang bisa merongrong keutuhan negara.

“alhamdulillah antusias para pemuda sangat bagus untuk mengikuti pelatihan wawasan kebangsaan ini,” katanya.

Yogi juga menjelaskan bahwa peserta yang mengikuti pelatihan dari gelombang 1 dan 2 nantinya akan menjadi Kader Penggerak Penguatan Ideologi Pancasila (KPPIP) di Kabupaten Garut.

BACA JUGA: Satgas Covid-19 Kota Banjar: Di Pasar Tetap Pakai Masker

Yogi berharap kedepan para peserta yang telah menjadi pengurus ataupun anggota KPPIP, bisa berperan aktif di masyarakat untuk terus mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.(jem/bbr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.