JAMTANAS Gelar Pelatihan Kebangsaan dan Ideologi di Universitas Garut

Editor:

GARUT – Jaringan Muda Ketahanan Nasional (JAMTANAS) gelar Pelatihan Wawasan Kebangsaan dan Penguatan Ideologi Pancasila yang bertemapat di Aula Universitas Garut Jl.Raya Samarang Tarogong Kaler Kabupaten Garut, Selasa (24/5/2022).

Agenda Pelatihan tersebut dihadiri oleh 125 perseta dari lintas organisasi kepemudaan dan umum, selain itu turut hadir Kapolres, Dandim, Kepala Bakesbangpol serta Ketua Fraksi Partai Golkar Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten  Garut.

Deden Sofyan Ketua Fraksi Partai Golkar dalam sambutannya menyampaikan mengapresiasi dan mendukung kegiatan Pelatihan Wawasan Kebangsaan dan Penguatan Ideologi Pancasila.

Kegiatan seperti ini dinilai sangat baik untuk generasi muda saat ini. Karena tantangan ke depan tidak mudah untuk membangun negara dengan berkembangnya yang begitu cepat dan sangat berpengaruh terhadap mental juga pemikiran generasi muda.

Pengamalan nilai-nilai Pancasila kata Deden harus terus dilakukan dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan masing-masing. Dengan begitu maka rasa memiliki dan rasa mencintai bangsa akan tertanam sejak dini.

“Jadi kalau ngebahas Pancasila saya juga kangen semasa sekolah dulu, saking cintanya terhadap negara kita dulu seneng kalau ngapalin atau belajar Pancasila,” katanya.

Lanjut Deden, bahwa hari ini yang sekarang ramai itu tentang keadilan dimana keadilan menjadi sorotan mungkin dianggap menjadi hal paling mendasar.

” Padahal soal keadilan itu sudah diperintahkan dan tertuang dalam Alquran, diperintahkan supaya kita untuk berperilaku adil kepada siapapun,” katanya.

Selain itu Pancasila juga sudah memerintahkan kita kalau kita harus bersikap dan berpilaku baik dalam kehidupan sehari-hari ataupun berbangsa dan bernegara.

Lebih jauh Deden menyampaikan bahwa dengan Ideologi Pancasila ini kita diseluruh NKRI dari berbagai bahasa, suku, agama, budaya bisa bersatu hidup rukun dan bergandengan tangan.

BACA JUGA: Warga Henan China Kembali Diserang Omicron

Mengutif perkataan Presiden Soekarno “Berikan saya 10 pemuda akan kuguncang dunia” kata-kata itu mengartikan bahwa kita ini negara kuat dan punya pendirian sendiri karena kita punya Pancasila.

” Maka dari itu saya selaku Anggota DPRD sekaligus Ketua Fraksi dari Partai Golkar Kabupaten Garut, terus bekerja mengamalkan nilai-nilai Pancasila baik dalam kehidupaj sehari-hari ataupun dalam ruang lingkup pekerjaan,” ujarnya.

” Saya mengajak kepada seluruh perserta yang hadir untuk terus menjaga Indonesia, menjaga Pancasila tidak boleh ada yang merusaknya,” tambah Deden.

Ditambahkan Yogi Ketua pelaksana Pelatihan Wawasan Kebangsaan dan Penguatan Ideologi Pancasila ia menyampaikan, terimakasih banyak kepada semua pihak yang telah ikut serta menyukseskan acara Pelatihan Wawasan Kebangsaan dan Ideologi Pancasila gelombang 1.

Dalam acara ini perserta akan diberikan pebekalan dan materi-materi tentang tatacara merawat dan menangkal yang dianggap akan membahayakan terhadap Negara dan Ideologi Pancasila.

Diakui dan tidak, beberapa tahun kebelakang negara kita terus disibukan dengan persoalan tentang paham-paham yang dirasa akan membhayakan keutuhan negara.

“Negara Indonesia yang kita cintai ini harus kita rawat bersama tidak boleh ada kelompok manapun yang merusaknya,” ujarnya.

BACA JUGA: Satgas Covid-19 Kota Banjar: Di Pasar Tetap Pakai Masker

Yogi berharap para peserta yang telah hadir pada acara ini, diharapkan menjadi penggerak penguatan ideologi di Kabupaten Garut, khususnya di daerah masing-masing.(jem/bbr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.