DPC PDI Perjuangan Garut Bantu Korban Longsor di Desa Girimukti

DPC PDI Perjuangan Garut Bantu Korban Longsor di Desa Girimukti
0 Komentar

GARUT – Sekitar 4 rumah di Kampung Cibaros RT 04 RW 02 Desa Girimukti, Kecamatan Singajaya, Kabupaten Garut terdampak tanah longsor yang diakibatkan pergerakan tanah, Sabtu kemarin.

Jajaran pengurus DPC PDI Perjuangan Garut yang mendapatkan informasi langsung bergegas meninjau ke lokasi, Minggu (24/4/22). Turut hadir pula Baguna (Badan Penanggulangan Bencana) PDI Perjuangan DPC Garut.

Sekjen DPC PDI Perjuangan Garut, Yuyus Kartawiredja menjelaskan, kunjungan pihaknya dalam rangka turut berbelasungkawa pada korban sekaligus turut meringankan beban korban dengan menyalurkan bantuan sembako dan uang tunai.

Baca Juga:Jadi Brand Ambassador BRI, Cinta Laura: What I Love is BRI, Perempuan Bisa Memulai BisnisLegislator Garut Kunjungi Korban Kebakaran di Kampung Terpencil Kecamatan Limbangan

Lebih lanjut Yuyus juga melihat kondisi rumah korban longsor yang sangat memprihatinkan. Yuyus menilai bahwa korban ini harus segera direlokasi dan tidak layak lagi menempati lokasi tersebut.

” Kalau melihat kondisi hari ini longsoran bisa terus terjadi dan ini sangat tidak aman untuk warga di sini,” ujarnya.

Dengan begitu, kunjungan pihaknya juga untuk memberi masukan kepada Pemerintah daerah agar mempertimbangkan untuk merelokasi para korban.

” Alangkah lebih baik pemerintah daerah bisa melakukan relokasi,” saran Yuyus.

Sementara menurut Kades Girimukti, Nuriman Asmara menerangkan, bahwa akibat longsor ini satu rumah mengalami amblas atau rusak berat. Sementara tiga rumah lainnya terdampak.

Setidaknya ada 4 kepala keluarga yang sudah dievakuasi mengungsi ke tempat aman.

Nuriman menerangkan bahwa Pemkab Garut sendiri sudah bertindak cepat dengan menerjunkan dinas terkait.

Diharapkan ada keputusan segera apakah korban ini harus direlokasi atau tidak. Namun yang jelas menurutnya, secara kasat mata, para korban ini tidak layak lagi tinggal di lokasi tersebut.Nuriman berharap Pemkab Garut bisa merelokasi para korban.

Baca Juga:Pemprov Jabar Siap Amankan dan Mengawasi Para PemudikWagub Jabar Gelorakan Semangat Pembangunan Jabar saat Safari Ramadan

Bahkan sebagian korban juga sudah siap untuk tanah jika memang Pemkab Garut bisa memberikan bantuan untuk membangun rumah lagi.

Lebih lanjut Nuriman mengatakan, longsoran di Kampung Cibaros ini sebetulnya sudah 6 bulan ke belakang terjadi dan tanah mengalami longsor secara bertahap. Namun Sabtu kemarin longsor hebat terjadi dan mengakibatkan bongkahan tanah amblas cukup besar.

Atas kunjungan jajaran DPC PDI Perjuangan Garut, Kades juga mengucapkan banyak terima kasih atas kepedulian terhadap warganya itu.

0 Komentar