oleh

Desa Cikandang Punya Lokasi Sumber Air yang Bisa Dikembangkan Jadi Wisata

GARUT – Desa Cikandang, Kecamatan Cikajang memiliki potensi alam yang bisa dikembangkan menjadi wisata. Lokasinya berada di RW 10 RT 11.

Kepala Desa Cikandang, Yana Sofyana mengatakan, lokasi tersebut merupakan situs alam berupa sumber air.

Kades memastikan lokasi tersebut bisa dikembangkan menjadi tempat wisata.

“ Jadi dengan adanya wisata tersebut juga untuk keamanan dan kenyamanan lingkungan tersebut bilamana dibuat wisata,” ujarnya belum lama ini.

Selama ini situs tersebut tampak kurang terawat. Dengan adanya wisata menurutnya kemungkinan yang biasa mengambil kayu di sana akan malu.

Dikatakannya, jika dikembangkan wisata, masyarakat juga bisa berkontribusi menjaga alam setempat, terutama kondisi hutannya.

Karena hutan itu betul-betul bermanfaat untuk masyarakat.

“ Jadi untuk ke depannya dipadukan wisata alam dengan wisata air bersatu dalam satu kegiatan,” ujarnya.

Lokasi sumber air itu menurut Kades merupakan kepemilikan Perum Perhutani. Pihaknya pun sudah mengajukan supaya Perhutani memberikan izin untuk mengelolanya.

“ Intinya kerja sama dengan Perhutani untuk wisata tersebut nanti pengelolaannya akan dikelola oleh lembaga yang ada di desa yang nanti ke depannya bisa dibuatkan untuk Bumdes sehingga nanti pendapatan desanya jelas dari potensi alam tersebut,” terang Kades.

Dirinya berharap dengan adanya desa wisata bisa menjadikan Desa Cikandang menjadi mandiri.

“ Untuk pemerintah sendiri bisa membantu apa yang direncanakan oleh Desa, harapan Desa itu, pemerintah yang terkait di bidang bisa membantu untuk melancarkan di dalam hal perizinan maupun bantuan-bantuan yang berbentuk materi dan yang lainnya,” pungkasnya.(fit)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *