Kades Kertajaya Ubah Nama Taman Wijaya Kusumah jadi Taman Ibra

Kades Kertajaya Ubah Nama Taman Wijaya Kusumah jadi Taman Ibra
0 Komentar

GARUT – Taman Wijaya Kusumah di Desa Kertajaya, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Garut, namanya diubah menjadi Taman Ibra Cibatu Agung. Seiring perubahan nama itu, pemerintah Desa setempat melakukan penataan dan pembenahan taman.

Kades Kertajaya Tatan Asmara, Kamis (23/9) menuturkan, perubahan nama taman disesuaikan dengan kearifan lokal. Kertajaya memiliki seni khas Surak Ibra. Nama taman pun diubah menjadi Taman Ibra Cibatu Agung.

” Sebelum merubah nama taman, dimusyawarahkan dulu dengan BPD, lembaga desa lain dan tokoh masyarakat Oja Sujani. Disepakati perubahan nama taman itu,” kata Tatan Asmara.

Baca Juga:Kemensos Melihat Kondisi BPNT di Ciamis Sangat MemprihatinkanRatusan Warga Ciamis Dapat Bantuan Sertifikat Tanah Redis

Oleh karena itu menurutnya perubahan nama taman, harus juga diikuti dengan pentaaan dan pelestarian taman untuk lebih bermanfaat lagi.Apalagi lokasi taman berdampingan dengan Lapang Sepakbola yang sering dijadikan tempat olahraga dan pagelaran seni.

Menurut Tatan Asmara, seni khas Surak Ibra merupakan seni asli dari Kertajaya yang diciptakan Ibra. Ketika surak ibra tampil, ribuan warga bergabung memeriahkan seni yang bernuansa magis itu.

Selain itu, dalam waktu dekat di Kertajaya bakal digelar pasanggiri pencak silat Gajah Putih tingkat kabupaten Garut. Artinya yang menjadi pribumi termasuk pihak kecamatan.(pap)

0 Komentar