oleh

RSUD dr. Slamet Garut Punya Tim Basket Bernama H’BAT

GARUT – Tujuan permainan bola basket tentunya yakni untuk kesehatan. Akan tetapi, tak hanya itu, basket juga merupakan salah satu cabang olahraga profesional yang dipertandingkan di berbagai kompetisi olahraga.

Permainan ini hampir dimainkan oleh semua kategori usia, mulai dari level junior hingga senior. Permainan ini dimainkan oleh 2 tim, tiap tim berisikan lima pemain yang bermain di lapangan. Dalam basket, semua pemain memiliki hak yang sama.

Berbicara tentang basket RSUD dr. Slamet Garut pun tidak ingin ketinggalan dalam meramaikan dunia bola basket, khususnya di Kabupaten Garut.

Adalah Hospital Basketball Team atau disingkat H’BAT yang terbentuk sekitar awal tahun 2018. H’BAT sendiri awalnya terdiri dari para karyawan RSUD dr. Slamet yang yang notabene para nakes dan non nakes yang biasa berjibaku dengan penanganan pasien di Rumah Sakit.

Menurut Ketua Hospital Basketball Team, H. Erwan Rustiawan, S.Kep.,Ners, “awalnya H’BAT hanya terdiri dari para karyawan RSUD dr. Slamet Garut yang hobby bermain bola basket, tapi sekarang banyak juga bergabung yang dari luar RSU, contohnya kawan-kawan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Garut dan juga kawan-kawan di luar RSU yang sama-sama hobby main basket.” Ujar Erwan di sela-sela latihan.

“Biasanya kita latihan setiap hari sabtu pagi di GOR Sudirman, setelah hari senin hingga jumat kita bekerja, hari sabtu kita gunakan untuk merefresh otak dengan berolahraga basket.” Ungkap Erwan, perawat yang biasa bertugas di Klinik DOTS RSUD dr. Slamet Garut ini.

Ketika dihubungi lewat pesan Whattsapp, dr. H. Husodo Dewo Adi, SpOT.Spine.,FICS, selaku Direktur RSUD dr. Slamet Garut memberikan komentar positif dengan adanya Hospital Basketball Team Ini.

“Bagus RSUD dr. Slamet mempunyai Hospital Basketball Team, itu mencerminkan kalau karyawan-karyawan RSU sangat memperhatikan kesehatan, terutama di bidang bola basket. Karena itu salah satu jalan membuat kita hidup sehat, bugar dan meningkatkan imun kita, terutama di masa pandemi sekarang ini,” ujarnya.

“Basket ball juga bisa menjadi sarana silaturahmi di antara karyawan RSU dan pihak-pihak dari luar RSU, semoga saja persatuan, persamaan visi dan misi diantara karyawan semakin kuat, aamiin Ya Roball Allamin,” Ungkap Direktur.

Senada dengan Direktur RSUD dr. Slamet, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Garut, dr. H. Maskut Farid, MM juga memberikan komentar positif tentang adanya Hospitall Basketball Team.

“Saya sangat mengapresiasi adanya tim bola basket ini. Mudah-mudahan selain bisa menjadi wadah untuk menyalurkan minat dan bakat di bidang olahraga basket, meningkatkan imun di masa pandemi ini, juga sebagai ajang silahturahmi para tenaga kesehatan dalam suatu kegiatan yang positif. Saya berpesan untuk selalu menyebarkan hal-hal yang positif juga selalu menjaga protokol kesehatan dengan baik,” sebutnya.

Erwin, salah seorang karyawan RSUD dr. Slamet yang juga pemain dari Hospitall Basketball Team, mengungkapkan kalau timnya ini sering mengadakan latih tanding dengan Klub bola basket yang ada di kabupaten Garut maupun dari luar kota Garut, seperti klub BADAK Ballers yang berasal dari Bandung yang pemainnya kebanyakan tenaga kesehatan juga.

“Kita sering latih tanding, tapi dengan suasana fun. Karena kita punya slogan “ASKES”, “Asal Kesangan,” ujarnya sembari tertawa.

Ia berharap klub bola basket ini bisa menjadi tempat mempererat silaturahmi sesama pemain bola basket, baik itu yang berasal dari RSU ataupun dari luar Rumah Sakit. (devi/bbr)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *