oleh

Yudha Puja Turnawan: Komunitas Sariban Berhasil Ubah Drainase Penuh Sampah Jadi Tempat Budidaya Ikan, Harus Diadopsi di Tempat Lain

Berikan Bantuan Uang Tunai Rp2 juta kepada Komunitas Sariban

GARUT – Anggota DPRD Garut Fraksi PDI Perjuangan, Yudha Puja Turnawan melaksanakan reses masa Sidang II Tahun 2021 di Kampung Sukadana Pesantren RW 21, Kelurahan Kota Kulon, Kecamatan Garut Kota, Kamis (6/5/2021). Dalam reses yang digelar kali ini pesertanya merupakan komunitas Sariban (Saringan Budidaya Ikan di Saluran).

Komunitas Sariban warga Kampung Sukadana Pesantren, Kelurahan Kota Kulon ini berhasil mengubah drainase yang awalnya dipenuhi sampah menjadi tempat budidaya ikan. Sehingga ada dua manfaat besar bagi masyarakat, yang pertama masalah sampah menjadi teratasi kemudian budidaya ikan menjadi penghasilan bagi masyarakat setempat.

“Berkaitan dengan upaya memecahkan permasalahan sampah di saluran irigasi yang sudah bertahun-tahun dan ternyata alhamdulillah sekarang sampah sudah tidak ada dan malah bernilai tambah,” ujar Yudha.

“Dan yang harus kita apresiasi adalah hasil panen di sini digunakan untuk perbaikan lingkungan juga. Tentu ini harus diapresiasi dan menjadi contoh. Kenapa saya reses di sini karena saya ingin apa yang dilakukan oleh masyarakat di sini diadopsi ke daerah-daerah lain ke kampung kampung lain yang memiliki saluran irigasi yang memiliki selokan untuk bisa ada produktivitas berupa budidaya ikan,” tambah Yudha.

Dalam kesempatan reses itu, Yudha juga menyerap aspirasi komunitas Sariban dan dari hasil diskusi ternyata ada beberapa usulan masyarakat yang urgent untuk ditindak lanjuti.

” Di sini saya silaturahmi reses dalam rangka menyerap aspirasi juga apa saja yang harus didukung dalam konteks program kegiatan yang berasal dari APBD. Dan tadi ada beberapa usulan dan insyaa Allah nanti akan dimasukan ke dalam sistem informasi pemerintah daerah (SIPD). Karena saya selaku anggota DRPD memiliki akun SIPD yang berhak memasukan usulan-usulan dari masyarakat langsung ke SIPD,” jelas Yudha.

Diantara usulan masyarakat yang urgent itu adalah adanya kerusakan pada sekat-sekat besi irigasi yang jebol. Hal itu menyebabkan panen kedua komunitas Sariban tidak maksimal karena banyak ikan yang kabur.

Oleh karena itu dalam kesempatan itu Yudha pun menyisihkan uang tunjangan resesnya sebesar Rp2 juta untuk membantu memperbaiki kerusakan tersebut.

” Makanya tadi saya menyisihkan dari tunjangan reses saya untuk kepentingan masyarakat untuk perbaikan karena kalau menunggu dari APBD akan terlalu lama,” kata Yudha.

Dalam kesempatan reses itu, hadir pula Kepala Bidang SDA Dinas PUPR Kabupaten Garut Edi Guntoro dan Sekretaris Dinaskanla Kabupaten Garut dan Kepala Kelurahan Kota Kulon Dede Nasir.

Dinas PUPR sendiri ke depan siap membantu pembangunan sarana prasarana lingkungan yang dibutuhkan. Sementara Dinaskanla juga siap untuk membantu dari bibit ikan. Termasuk juga pengembangan komunitas Sariban di tempat lain.

Kepala Bidang SDA Dinas PUPR Edi Guntoro mengapresiasi reses yang dilaksanakan Yudha Puja Turnawan dan perhatiannya terhadap masyarakat di Keluarahan Kota Kulon tersebut.

“Dan tadi juga kita melihat pak dewan memberikan langsung bantuan dan akan membantu ke depannya,” ujar Edi.

Maka dari itu ke depan pihaknya juga akan membantu komunitas Sariban ini untuk melakukan sejumlah penataan lebih lanjut. Dinas PUPR akan membantu membangun MCK sanitasi, jalan lingkungan.

“Kita bisa sisihkan yang lain untuk memperkuat penataan lebih lanjutnya terkait PUPR akan banyak lah, seperti MCK, sanitasi, jalan lingkungan pasti akan kita perjuangkan,” tegasnya.

Sementara itu Kepala Kelurahan Kota Kulon, Dede Nasir juga berterimakasih atas kepedulian Yudha Puja Turnawan terhadap warga dan lingkungannya.

“ Mewakili warga masyarakat di wilayah kerja saya, khususnya warga RW 21 serta kelompok Sariban, saya mengucapkan banyak-banyak terimakasih terhadap pak Yudha,” ujarnya.(fer)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *