Kabupaten Ciamis Mulai Terapkan New Normal, ini Pesan Bupati pada Pramuka

0 Komentar

RADAR GARUT, CIAMIS – Kabupaten Ciamis mulai memberlakukan new normal atau adaptasi kebiasaan baru (AKB), hari ini (13/6/2020).

“Memang sangat sulit untuk menyesuaikan kebiasaan baru yang harus dilakukan oleh masyarakat di setiap aktivitas kesehariannya. Namun itu harus dilakukan sebagai upaya memutus mata rantai COVID-19,” kata Bupati Ciamis Herdiat Sunarya saat memberikan sambutan pada kegiatan Lomba Liwet Pramuka di area sekretariat Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Ciamis.

Herdiat menjelaskan, saat ini tren COVID-19 di Indonesia ada kenaikan. Dari hasil evaluasi Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan (GTPP) COVID-19 Jawa Barat, Jumat (12/6/2020) Ciamis bertahan di zona biru (moderat) atau level 2 kewaspadaan penanganann COVID-19 sehingga Ciamis akan menerapkan AKB.

Baca Juga:Tiba-tiba Tagihan Listrik jadi Rp3,6 juta, Begini Penjelasan PLNWarga Desa Neglasari Garut Silahkan Lapor Kades jika Kelaparan atau Terlantar

Karena itu Herdiat mengajak kepada pengurus Gerakan Pramuka untuk ikut serta membantu menyosialisasikan AKB kepada masyarakat.

” Mari kita bersama-sama sosialisasikan penerapan kebiasaan baru ini sampai kepada masyarakat, agar tumbuh keinginan dari diri sendiri untuk penerapan AKB jangan sampai dipaksakan,” ucapnya.

Sehingga dia mengharapkan agar protokol kesehatan itu benar-benar dilakukan atas dasar kesadaran pribadi. Mulai dari menggunakan masker, cuci tangan, penerapan protokol kesehatan lainnya dan displin menerapkan physical distancing.

Namun demikian, menurut Herdiat, masih ada beberapa kecamatan yang menerapkan PSBB secara parsial.

” Saat ini, Ciamis masih ada 3 Kecamatan yang diberlakukan PSBB di antaranya Panjalu, Panumbangan termasuk Kecamatan Ciamis yang masih dalam situasi PSBB,” katanya.

Herdiat juga menyampaikan terimakasih kepada Kwarcab Ciamis yang terus berinovasi dalam melaksanakan aktivitas Gerakan Pramuka, paling tidak untuk terus menjalin silaturahmi dengan sesama pengurus Gerakan Pramuka melalui kegiatan Lomba Masak Nasi Liwet Pramuka.

“Atas kreasi dan inovasi mudah-mudahan jadi ajang silaturahmi terutama insan pramuka di Ciamis,” kata Herdiat.

Baca Juga:Gubernur Jabar Lantik 15 Pimpinan Tinggi PratamaJabar Hadirkan Mobile Laboratorium BSL3 Bergerak Pertama di Indonesia

Sementara itu Ketua Kwarcab Ciamis Nanang Permana mengungkapkan, kegiatan Lomba Nasi Liwet Pramuka ini dilakukan dalam momentum hari jadi Ciamis juga sebagai sarana silaturahmi antar sesama pengurus pramuka.

“Biasanya peserta didik yang menjadi peserta dalam kegiatan lomba, berbeda untuk saat ini dilakukan oleh para pembinanya yang merupakan pengurus Kwartir Ranting se-Kabupaten Ciamis” ujarnya. (Aldi)

0 Komentar