Diskusi dengan Pemuda di Bogor, Ilham Habibie Janjikan Kemudahan Lapangan Kerja

Ilham Habibie dialog dengan pemuda
Ilham Habibie dialog dengan pemuda
0 Komentar

RADAR GARUT – Ketika dialog bersama dengan para pemuda Gen Z di Bento Cafe Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Calon Wakil Gubernur Jawa Barat nomor urut 3, Ilham Habibie, memberikan secercah harapan bagi generasi muda yang tengah menghadapi tantangan besar di dunia kerja.

Di tengah meningkatnya angka pengangguran sekarang ini, Ilham Habibie menegaskan komitmennya untuk memberikan kemudahan akses lapangan pekerjaan, terutama bagi pemuda Gen Z.

Ilham Habibie menyebut bahwa generasi muda perlu diperhatikan dengan serius, terutama dalam berperan aktif di berbagai program pembangunan yang menyentuh desa-desa mereka.

Baca Juga:Asia Pacific Coating Show 2024: Edukasi Pasar Indonesia Tentang Pentingnya KeberlanjutanGelombang Dukungan ASIH Mengalir Deras, Kali Ini dari Laskar BKMB Bhagasasi

“Saya melihat banyak pemuda yang haus akan kesempatan dan tidak sabar untuk bisa segera bekerja. Ada banyak pertanyaan dari mereka tadi tentang bagaimana peran Gen Z ke depan, dan saya berusaha memberikan jawabannya,” ujar Ilham Habibi kepada wartawan pada Jumat sore (25/10/2024).

Pria berdarah suku Gorontalo ini juga memberikan contoh konkret tentang potensi alokasi dana desa yang biasanya digunakan untuk infrastruktur, namun ke depannya bisa diarahkan juga untuk mendukung kegiatan masyarakat.

Ilham juga menyadari bahwa keluhan yang diutarakan pemuda, seperti minimnya dukungan program pemerintah bagi mereka, merupakan kenyataan yang sering dijumpai.

“Ini hal yang sering terjadi, dan saya bisa bercerita dari pengalaman pribadi. Pemerintah perlu benar-benar hadir,” tuturnya.

Untuk mengatasi hal ini, pria yang berusia 61 tahun ini berencana mendorong masuknya pabrik-pabrik baru ke Indonesia, menciptakan peluang kerja jangka panjang yang realistis dan berkelanjutan.

“Kalau ada yang berjanji membuka lapangan kerja besok lusa, itu tidak masuk akal. Yang bisa kita lakukan adalah membangun fondasi jangka panjang, seperti menarik investasi pabrik baru agar lebih banyak pekerjaan tercipta,” jelasnya.

Tak hanya itu, Ilham juga menyampaikan janjinya untuk meningkatkan program pelatihan kerja bagi para pemuda Gen Z. Ia menilai, pelatihan yang relevan dan sesuai kebutuhan industri akan membuka peluang yang lebih luas bagi mereka.

Baca Juga:Presiden Prabowo Bersama Para Menteri Kenakan Seragam Militer di Pembekalan AkmilDisperkim Jabar Kolaborasi Bersama Pemerintah Kabupaten/Kota Capai SDGs Tahun 2030

“Kita harus membantu pemuda dengan pelatihan yang sesuai kebutuhan, agar mereka punya keahlian yang dicari di dunia kerja,” pungkasnya.(Muhamad Ilham Arizki/red)

0 Komentar