Olahraga Bisa Melancarkan BAB, Perhatikan Hal Penting Ini

jogging (foto pexels.com)
jogging (foto pexels.com)
0 Komentar

Olahraga memang tidak perlu diragunkan lagi, manfaatnya sangat besar untuk kesehatan tubuh. Setiap orang perlu meluangkan waktu untuk olahraga rutin setiap hari. Terutama bagi mereka yang kerap menderita sembelit (konstipasi) atau susah buang air besar (BAB).

Bagi anda yang selama ini sering sembelit dan merasa jarang melakukan olagraga, ada baiknya untuk merutinkan olahraga ringan setiap harinya. Mudah-mudahan hal itu bisa membantu melancarkan pencernaan.

Lalu kenapa olahraga bisa melancarkan BAB?

Mengutip halodoc, olahraga berfungsi untuk merangsang kinerja otot-otot di dalam usus. Hal itu membantu feses untuk bergerak keluar dengan cepat.

Baca Juga:Lepas Jemaah Haji di BIJB, Ridwan Kamil Harap Ekonomi Jabar Bisa TumbuhWarga Cigudeg Bogor Berdesakan Ingin Bertemu Ridwan Kamil

Olahraga juga membantu melancarkan BAB dengan cara meningkatkan aliran darah ke usus dan meningkatkan kontraksi sistem pencernaan.

Di samping itu, olahraga juga bisa membantu produksi vitamin B dan K, serta membantu tubuh untuk mencerna makanan yang sulit dicerna di perut dan usus halus.

Oleh karena itu, bagi kamu yang selama ini merasa kurang gerak dan sering mengalami sulit BAB, ada baiknya mulai sekarang merutinkan olahraga ringan setiap harinya.

Namun demikian, ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika kamu mau olahraga untuk memperlancar BAB. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan:

  • Olahraga sesuai dengan kemampuan

Kendati kamu semangat untuk olahraga, tapi usahakan jangan melakukan olahraga berat di luar kemampuan. Mulailah dari olahraga ringan seperti jalan kaki, lari, berenang, bersepeda atau olahraga lainnya.

  • Hindari olahraga setelah makan

Hindarilah olahraga tepat setelah makan, hal itu dikarenakan setelah makan, aliran darah naik ke perut dan usus untuk membantu tubuh mencerna makanan.

Ketika kamu olahraga tepat setelah makan, maka darah akan mengalir ke jantung dan otot, hal itu bisa membuat kembung, kelebihan gas, dan justru berakibat sulit BAB.

Baca Juga:Jemaah Haji Terbang dari Bandara Kertajati, Ridwan Kamil Sangat GembiraDelapan Kios di Lahan Parkir Tempat Ziarah Sunan Haruman Terbengkalai

Sebaiknya tunggu beberapa jam setelah makan baru memulai olahraga. Minimal usahakan satu jam setelah makan.

  • Jaga tubuh agar tetap terhidrasi

Jangan lupa untuk minum air putih dengan cukup, karena dehidrasi bisa menyebabkan masalah pencernaan saat berolahraga.

Jika tubuh terdehidrasi dengan baik, maka usus akan lebih aktif dalam menyerap setiap nutrisi yang dibutuhkan.

0 Komentar