Tips Memilih Ubi yang Bagus dan Manis

Tips Memilih Ubi yang Bagus dan Manis
Tips Memilih Ubi yang Bagus dan Manis
0 Komentar

Radar Garut– Ubi jalar atau ubi manis dapat menjadi pilihan ide untuk memasak kue maupun camilan. Untuk mempermudah membeli ubi jalar simak tips memilih ubi jalar yang bagus dan manis dalam artikel ini ya

1. Pilihlah Ubi jalar dengan tekstur keras dan kulit yang sangat mulus

Memilih ubi dengan tekstur keras dan kulit yang mulus sangatlah berguna dalam mengecek apakah ubi tersebut busuk atau tidaknya ubi yang kita pilih. Ubi yang busuk akan berpengaruh kepada tingkat kemanisan ubi tersebut. Maka dari itu, ada baiknya kamu untuk memilih ubi yang telah bersih dari tanah karena hal ini akan mempermudah kamu dalam mendeteksi kebusukan pada ubi yang akan kamu beli.

2. Perhatikan bobot dan ukuran ubi

Ubi yang baik yaitu ubi dengan bobot yang berat di tangan, beratnya ubi menandakan kandungan cairan yang ada dalam ubi tersebut. Jika ubi yang anda pilih cenderung ringan, kemungkinan besar ubi tersebut sudah lama dipanen dan telah lama mengering. Pilihlah ubi dengan ukuran yang sedang, biasanya ubi dengan ukuran sedang memiliki rasa yang manis dengan testur yang creamy. Apabila ukuran ubi yang terlalu besar juga dapat menandakan adanya kandungan zat pati yang terlalu banyak. Apabila banyak mengandung zat pati bisa di pastikan rasa ubi akan memiliki rasa yang cenderung hambar.

Baca Juga: Manfaat Ubi Ungu Untuk Kesehatan

Baca Juga:Manfaat Ubi Ungu Untuk KesehatanCara Sehat Makan Mi Instan tanpa Mengurangi Kelezatannya

3. Hindari ubi yang ditumbuhi serabut-serabut

Serabut seperti kumis yang ada pada ubi ini menandakan ubi tersebut sudah sangat tua sehingga tekstur pada dagingnya akan sangat keras ketika anda konsumsi. Meskipun tidak terlalu mempengarungi dalam kemanisan ubi tersebut, ubi dengan serabut ini cenderung memiliki serat di dagingnya sehingga tidak terlalu baik untuk tubuh.

4. Hindari ubi yang masih bergetah

Kondisi ubi yang terlalu tua memang tidak baik ketika kita konsumsi, namun ubi yang terlalu muda juga sama. Ubi yang masih muda ditandai dengan masih adanya kandungan getah dan bintik yang terdapat dalam daging ubi tersebut. Oleh karena itu ketika akan memilih ubi, kamu bisa mengupas sedikit ubi tersebut dan melihat apakah masih ada getah atau tidaknya dalam ubi tersebut. Ubi yang mengandung getah atau ubi yang masih muda akan terasa sangat hambar rasanya.

0 Komentar