Film Terpanjang Di Indonesia

Film Terpanjang Di Indonesia (foto shutterstock)
Film Terpanjang Di Indonesia (foto shutterstock)
0 Komentar

RADAR GARUT – Film terpanjang di Indonesia adalah “G30S/PKI” yang disutradarai oleh Arifin C Noer. Film ini diproduksi pada tahun 1984 dan berdurasi sekitar 6 jam 30 menit.

G30S/PKI dibuat sebagai dokumentasi peristiwa G30S/PKI yang terjadi pada 30 September 1965 di Indonesia. Film ini dibuat berdasarkan pada bukti-bukti dan saksi mata yang ada saat itu serta ditayangkan setiap tahun pada acara peringatan Hari Kesaktian Pancasila pada tanggal 30 September.

Film ini pernah ditayangkan di bioskop selama seminggu dan juga dijadikan sebagai bahan ajar sejarah di sekolah-sekolah.

Baca Juga:Film Pertama Di DuniaApakah Toloka Aman?

Menggambarkan secara detail bagaimana terjadinya peristiwa tersebut, dimulai dari upaya penculikan enam jenderal yang dipimpin oleh Letkol Untung, hingga penangkapan dan eksekusi para jenderal yang terlibat.

Berfokus pada peran-peran masing-masing tokoh dalam peristiwa G30S/PKI, baik dari pihak yang melakukan kudeta maupun dari pihak yang berhasil menggagalkannya.

Sebagian besar film ini berisi dialog dan adegan rekonstruksi dari peristiwa tersebut, dengan narasi dan penggambaran yang sangat detail.

Film G30S/PKI juga menggambarkan bagaimana terjadinya aksi kekerasan yang terjadi setelah kudeta, termasuk penangkapan, penahanan, dan eksekusi massal terhadap orang-orang yang dituduh terlibat atau berhubungan dengan PKI.

0 Komentar