Tutorial, Makna dan Contohnya

ilustrasi foto Tutorial menggoreng sosis yang lezat
ilustrasi foto Tutorial menggoreng sosis yang lezat
0 Komentar

Tutorial. Kata ini kerap kita kenal untuk sebuah istilah memberikan cara atau trik dalam membuat sesuatu atau memasang sesuatu, atau menciptakan sesuatu.

Secara sederhana mungkin kita akan mengartikan bahwa yang dimaksud tutorial adalah “tata cara”.

Misalnya kita kerap mendengar tutorial masak nasi goreng yang pedas dan lezat, tutorial membuat kursi dari kayu jati, tutorial modifikasi motor vesta, tutorial menggoreng sosis yang lezat, dan berbagai macam contoh lainnya.

Baca Juga:Cara Cek Nomor IndosatAnies ke Bandung, Tim OTW Garut Sampaikan Harapan Ini

Ya makna seperti ini tampaknya tidak salah. Namun seperti apakah makna tutorial berdasarkan kamus dan makna istilah tutorial yang baku?

Makna/arti kata Tutorial

Berdasarkan kamus besar bahasa Indonesia (KBBI), tutorial maknanya adalah pembimbingan kelas oleh seorang pengajar (yang disebut juga tutor) untuk seorang mahasiswa atau sekelompok kecil mahasiswa. Makna lain dari tutorial adalah pengajaran tambahan melalui tutor (pengajar).

Dalam makna lain, Tutorial juga diartikan suatu metode pembelajaran dimana tutor memberikan bantuan atau bimbingan belajar yang berhubungan dengan materi ajar kepada peserta didik, secara individual untuk membantu kelancaran proses belajar. Bantuan tersebut baik secara perorangan atau kelompok.

Adapun dalam proses belajar mengajar akademik, tutiroal biasanya akan berlangsung antara 1-2 jam dan biasanya dilakukan dalam kelompok belajar yang lebih kecil dengan kapasitas peserta didik sebanyak 15 sampai 30 orang.

Ada indikator penting yang mesti dipanuhi pengajar dalam penerapan metode pembelajaran tutorial. Antara lain mendorong dan memotivasi pembelajaran, mengasah kemampuan berpikir kritis dan kreatif, memahami kesulitan peserta didik, dan melakukan pelayanan individual.

Demikian makna dari Tutorial berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia dan makna secara istilah yang baku. (radargarut.jabarekspres.com)

dapatkan informasi lain dari Radar Garut

0 Komentar