Mau Bayar Hutang Tapi Tak Punya Uang? Ini Caranya

Mau Bayar Hutang Tapi Tak Punya Uang? Ini Caranya (foto sutterstock)
Mau Bayar Hutang Tapi Tak Punya Uang? Ini Caranya (foto sutterstock)
0 Komentar

Radar Garut-Ada berbagai cara untuk membayar hutang meskipun tak punya uang. Meskipun pinjol adalah hal yang menggiurkan namun sangat menyesatkan.

Saat ini pinjol marak dan menghantui masyarakat. Banyak juga dari mereka yang terjun ke lobang pinjol untuk memenuhi kebutuhan bahkan sampai gali lobang tutup lobang untuk melunasi hutang.

Awalnya memang pinjol adalah hal yang menggiurkan karena persyaratan dan proses pencairan yang mudah.

Baca Juga:Viral di Garut, Pecinta Pedas Wajib Coba Mie Jebew2 Jenis Stop Kontak Portable dan Non-Portable

Namun banyak korban yang tertekan dengan tagihan dari pinjol yang sampai mengancam dan menekan korban.

Adapun beberapa cara yang digunakan untuk  melunasi hutang walaupun tidak punya uang.

  1. Berhenti berhutang

Kamu akan terus terjebak dalah hutang-hutang mu, bahkan akan bertambah jika kamu tak mau memutuskan untuk berhenti berhutang. Bahkan di sebagian orang yang rela berhutang kembali untuk menutup hutangnya.

Kamu harus berkomitmen untuk tak lagi menambah hutang dengan mengghentikan penggunaan kartu kredit dan jangan mengajukan pinjaman ke siapapun.

  1. Bedakan mana tak punya uang dengan memakai uang berlebihan

Kita harus bisa membedakan mana yang tak punya uang dengan menggunakan uang secara berlebihan. Banyak yang melabeli dirinya miskin dan tak punya uang setelah mereka menghabiskan uang untuk berbelanja hal-hal yang tidak diperlukan.

Itulah penyebabnya hutangmu tidak kunjung terbayar tapi mungkin akan semakin membengkak. Coba lebih ketat terhadap pengeluaran uang. Beri Batasan agar uangmu masuk tabungan atau bisa buat bayar hutang.

Untuk yang benar-benar tidak memiliki uang, jangan memperburuk kondisi dengan overspent. Prioritaskan terlebih dahulu dan jangan mudah dengan membeli sesuatu yang tidak dibutuhkan.

Baca Juga:Cara Kerja Scaner Barcode Dalam Dunia BisnisCoffee Toffee Garut Suguhkan Café Dengan Konsep Pantai yang Aesthetic

  1. Buat Rencana

Tak hanya niat saja untuk membayar hutang, kamu juga harus bisa menyusun rencana. Tidak peduli sekecil apapun uangmu saat ini bahkan belum memiliki uang. Setidaknya kamu harus sudah bisa membuat rencana.

Saat ini mulailah daftar utang, bunga, uang yang kamu miliki serta pemasukan. Setelah itu membuat catatan dengan memperioritaskan dan mencatat utang mana yang akan kamu bayar terlebih dahulu.

0 Komentar