Apa yang dimaksud dengan Virus Mosaik Tembakau?

Virus Mosaik Tembakau (shutterstock)
Virus Mosaik Tembakau (shutterstock)
0 Komentar

Virus Mosaic tembakau atau Tobacco Mosaic Virus yang sering disingkat dengan (TMV) merupakan virus yang menyebabkan penyakit pada tembakau dan tumbuhan anggota suku terung-terungan atau Solanaceae.

Dampak yang disebabkan adanya bercak-bercak kuning pada daun sampai menyebar.

Apa yang menyebabkan penyakit virus mosaik pada tembakau?

Dari hasil penelitian menunjukan bahwa penyebab virus mosaik pada tembakau adalah Tobamovirus dengan partikel yang berbentuk batang berukuran panjang ±300 nm , ketahanan virus terhadap pengenceran mencapai ±10-7 , dan virus ini dapat menular kepada tamanan inang lainnya.

1.Pangkas tanaman yang terinfeksi.
Pengobatan virus mosaik terbilang tidak ada tetapi jika anda melihat tanaman yang terkena virus mosaik sebaiknya anda menyingkirkan bagian yang terkena virus dengan cara dibakar.Jika ada buah yang masih aman masih boleh dimakan akan tetapi bijinya bisa membawa virus jadi sebaiknya dibakar.

Baca Juga:Apa Itu Peuyeum?Bagaimana Cara Membuatnya?Apa Itu Kopi Arabika

2.Menjauhi Hama.
Virus ini biasanya disebarkan oleh serangga penghisap getah seperti kutu daun anda harus menggunakan larutan minyak mimba murni dengan sabun dan air kastilia dan semprotkan ketanaman supaya serangga dapat dihindari.

3.Menjaga agar gulma dapat terkendali
Karena gulma dapat membawa virus mosaik dan juga dapat menjadi tempat berkembang biaknya serangga yang bisa menyebarkan virus mosaik. Sebaiknya anda menggunakan penutup tanah atau setidaknya jauhkan gulma dengan cangkul penyiangan.

4. Hindari menyentuh tanaman.
Penyentuhan pada tanaman bisa menjadi perantara virus mosaik, jadi anda sebaiknya mencuci tangan sebelum dan sesudah berkebun.(Rendi/pkl)

Lihat Juga Vidio

https://www.youtube.com/watch?v=xLKjaiSOY5I

0 Komentar