Es Sinar Garut, Sejarah dan Cara Membuatnya

ILUSTRASI es serut (shuttertock)
ILUSTRASI es serut (shuttertock)
0 Komentar

Es Sinar Garut merupakan jajanan manis yang terbuat dari bahan-bahan sederhana seperti kolang kaling, tape, cincau, kelapa muda, roti tawar dan alpukat.

Mengutip dari sgssarasa.blogspot.co.id, kuliner es Sinar Garut itu dipelopori oleh keluarga besar Haji Sopandi (almarhum).

Keluarga inilah yang dikatakan pertama kali mempopulerkan Es Sinar Garut. Keluarga Haji Sopandi beradal dari Kampung Cihuma Desa Cibunar, Kecamatan Cibatu, Kabupaten DT II Garut, Jawa Barat.

Baca Juga:Kolam Renang di GarutGunung di Garut, Referensi Bagi Pendaki dan Wisatawan

Usaha Es Sinar Garut kemudian merambah sampai ke Jakarta, karena putra pertama dari Haji Sopandi yang Bernama Haji Ilyas (almarhum).

Adapun penamaan Sinar Garut sendiri adalah ide dari putra Haji Sopandi yang Bernama Haji Samsul atau dikenal dengan Haji Ucu. Kemudian Haji Samsul inilah yang kemudian meneruskan bisnis keluarga tersebut di Jakarta Pusat.

Melansir dari detik.com, Haji Samsul ini mengawali usaha es campurnya itu pada tahun 1968. Sebelumnya Ia sudah membantu kakaknya berjualan es campur. Namun es campur itu belum memiliki nama.

H Ucu kemudian merasa sudah menguasai ilmu membuat es campur, kemudian Ia pun memulai usahanya sendiri. H Ucu berjualan di sekitar jalan Pintu Besi.

Usahanya itu berjalan lancar dan banyak pembeli yang menyukai es buatannya itu. Setelah setahun berjualan, H Ucu kemudian pindah lokasi.

Ia Kembali berjualan di Kawasan Jalan Krekot Jaya Molek, Jakarta. Saat itulah H Samsul (H Ucu) memberikan nama pada es campur itu dengan nama Es Sinar Garut pada tahun 1970.

Es Sinar Garut pakai Sirup Apa?

Es Sinar Garut merupakan jajanan manis yang terbuat dari bahan-bahan sederhana seperti kolang-kaling, tape, cincau, kelapa muda, roti tawar, dan alpukat.Es Sinar Garut ini biasanya menggunakan sirup gula ,susu kental manis, sirup merah dan lain-lain.

Baca Juga:Apa Itu Maklor? Bagaimana Cara Membuat Maklor?Apa Itu Capcai? Bagaimana Cara Membuatnya?

Apa Saja Bahan untuk Membuat Es Sinar Garut?

Bahan-bahan
• Agar-agar.
• 1/4 kg kolang kaling, rebus menggunakan pasta pandan supaya berwarna.
• Cincau secukupnya.
• Tape singkong secukupnya.
• Roti tawar secukupnya.
• Kelapa muda, yang sudah diserut secukupnya.

0 Komentar