Bagaimana Cara Mengobati Psikopat?

ILUSTRASI (Pixabay)
ILUSTRASI (Pixabay)
0 Komentar

Terapi ini dilakukan dengan membimbing pasien agar mengerti tentang kondisi yang dialami dan pengaruhnya terhadap kehidupan serta hubungannya dengan orang lain. Psikolog atau pskiater akan membuat rencana bimbingan yang sesuai dengan gejala yang pasien alami dan tingkat keparahannya.

Beberapa jenis psikoterapi yang dapat dilakukan adalah:

  • Terapi perilaku kognitif (cognitive behavioral therapy), untuk membantu pasien mengendalikan kondisi dengan mengubah cara pikir dan perilaku yang negatif menjadi positif
  • Terapi berbasis mentalitas (mentalization-based therapy), untuk membantu pasien memahami bagaimana kondisi mental memengaruhi perilaku
  • Terapi psikodinamika, untuk meningkatkan kesadaran pasien terhadap pikiran dan perilaku negatif dan impulsif

Psikoterapi tidak selalu efektif untuk menangani psikopat, terutama jika gejala yang dialami cukup parah dan pasien tidak merasa memiliki kondisi tersebut sehingga tidak bersedia untuk menjalani pengobatan.

Konseling kelompok

Konseling kelompok merupakan tipe terapi sosial yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan emosional dan psikologis pasien, serta meningkatkan kemampuan pasien untuk tidak mudah menyinggung perasaan orang lain saat berinteraksi.

Baca Juga:Jadwal 16 Besar Denmark Open Hari Ini: Masih Ada 7 Wakil Indonesia, 5 Ganda PutraAhmad Riyadh Tegaskan Anggota PSSI Tidak Akan Mundur

Konseling dapat dilakukan dalam kelompok besar maupun kecil dengan memecahkan suatu masalah secara bersama-sama guna menciptakan lingkungan yang saling membantu.

Pasien disarankan untuk mengikuti konseling kelompok selama 18 bulan. Hal ini karena pasien perlu waktu yang cukup untuk membuat perubahan dalam diri dan melatih kemampuannya.

Obat-obatan

Gangguan kepribadian antisosial atau psikopat sebenarnya tidak dapat disembuhkan dengan obat-obatan. Namun, dokter dapat meresepkan obat tertentu untuk meredakan gangguan mental lain yang mungkin muncul bersamaan dengan kondisi ini, seperti depresi, gangguan kecemasan, atau sifat agresif (mudah marah). Dokter juga dapat menggabungkan pemberian obat-obatan dengan psikoterapi.

Perlu diketahui, gangguan kepribadian antisosial, termasuk psikopat, sangat sulit untuk disembuhkan. Akan tetapi, pengobatan dan pemantauan jangka panjang dapat meredakan gejala.(*)

0 Komentar