Bagaimana Cara Mengobati Psikopat?

ILUSTRASI (Pixabay)
ILUSTRASI (Pixabay)
0 Komentar

Radar Garut – Psikopat merupakan sebuah istilah untuk menggambarkan seseorang yang tidak memiliki emosi, peraaan dan hati nurani. Psikopat merupakan sebuah gangguan kepribadian atau yang kerap juga disebut dalam istilah medis sebagai antisosial.

Seorang dengan gangguan kepribadian seperti psikopat ini dapat bersikap gegabah, merusak dan kasar terhadap orang lain tanpa merasa bersalah. Kendati begitu, seorang psikopat terkadang sangat pintar menyembunyikan sikapnya itu. Bahkan tak jarang terlihat karismatik dan juga menawan di muka umum.

Kapan harus ke dokter?

Seseorang dengan gangguan kepribadian antisosial atau psikopat ini, umumnya tidak merasa bahwa dia memiliki gangguan perilaku tersebut. Akibatnya jarang mereka yang menderita gangguan kepribadian tersebut untuk memeriksakan ke dokter.

Baca Juga:Jadwal 16 Besar Denmark Open Hari Ini: Masih Ada 7 Wakil Indonesia, 5 Ganda PutraAhmad Riyadh Tegaskan Anggota PSSI Tidak Akan Mundur

Oleh karena itu jika anda atau orang yang anda kenal mempunyai gejala psikopat, segera memeriksakan ke psikiater atau psikolog. Penanganan medis yang tepat dapat menghindari dampak yang lebih buruk.

Diagnosis Psikopat

Melansir Alodokter, untuk mendianosis psikopat, baru dapat dilakukan saat orang tersebut telah berusia 18 tahun. Diagnosis juga baru bisa diberikan dengan catatan pasien memiliki riwayat gangguan perilaku sebelum berusia 15 tahun.

Pada proses diagnosis, dokter akan melakukan tanya jawab mengenai keluhan dan gejala yang dialami. Pasien dengan gangguan psikopat mungkin akan kesulitan menjelaskan kondisinya. Oleh karena itu dokter juga akan meminta bantuan kepada keluarga atau kerabatnya.

Diagnosis psikopat juga akan ditentukan berdasarkan hal-hal berikut ini:

  1. Hasil pemeriksaan psikologi terkait pemikiran, perasaan, pola perilaku, serta hubungan pasien dengan orang lain
  2. Riwayat kesehatan pasien dan keluarga, untuk memastikan apakah pasien pernah mengalami gangguan mental lainnya

Pasien baru dapat didiagnosis sebagai psikopat jika memiliki tiga atau lebih gejala gangguan kepribadian antisosial sejak usia 15 tahun, yang gejala tersebut bukan disebabkan oleh kondisi lain, seperti skizofrenia atau gangguan bipolar.

Pengobatan Psikopat

Pengobatan orang dengan kepribadian psikopat tergantung pada tingkat keparahan kondisi, situasi, dan kesediaan pasien menjalani pengobatan. Ada beberapa metode pengobatan yang dapat dilakukan, yaitu:

Psikoterapi
Psikoterapi dapat digunakan untuk mengelola rasa marah dan tindak kekerasan, menangani kecanduan alkohol atau zat terlarang, dan menangani gangguan mental lainnya.

0 Komentar