Catat! Begini Cara Mencegah Dehidrasi saat Puasa

Catat! Begini Cara Mencegah Dehidrasi saat Puasa
Foto Ilustrasi (pixabay.com @Pezibear / 11184 images)
0 Komentar

Untuk dapat menghindari dehidrasi, Anda bisa menghindari kegiatan luar ruangan karena sinar matahari yang terik dapat membuat kita berkeringat sehingga memicu dehidrasi.

6. Perhatikan Obat-obatan yang Dikonsumsi

Bagi sebagian orang, obat-obatan dan suplemen vitamin dan nutrisi sangat penting dikonsumsi saat puasa agar dapat menjaga tubuh tetap fit.

Hindari obat yang memberi efek seperti buang air terus menerus, dehidrasi dan juga kekurangan cairan. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, sebaiknya diskusikan hal ini pada dokter.

7. Jangan Terlalu Banyak Makan Makanan Asin Saat Sahur

Baca Juga:Safari Ramadhan, Ridwan Kamil Berikan Bantuan Pembangunan Masjid di Depok5 Daftar Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Sahur

Makanan bergaram dapat membuat kamu haus bahkan hingga kekurangan cairan. Sebab, garam sangat berpengaruh terhadap pengaturan cairan di tubuh.

Terlalu banyak garam yang masuk ke dalam tubuh hanya akan mengacaukan pengaturan tersebut dan akhirnya membuat kamu cepat haus. Imbangi dengan buah buahan dan sayur sayuran agar kadar mineral yang dibutuhkan tubuh seimbang.

8. Kurangi Minum Kopi dan Teh

Jika kamu adalah pecinta teh dan kopi, sebaiknya kurangi konsumsi minuman tersebut secara berlebihan. Karena bisa mempercepat dehidrasi.

Selain itu, kafein dalam teh dan kopi bisa membuat kamu sulit tidur yang tentunya akan berdampak pada tubuh di siang hari.

9. Hindari Olahraga Berat

Dengan berolahraga secara teratur, tubuh kamu malah akan lebih kuat untuk melakukan aktivitas sepanjang hari.

Jika ingin melakukan olahraga berat, lakukanlah pada jam sebelum berbuka puasa. Agar menunggu jam buka terasa lebih cepat.

10. Makan Buah yang Mengandung Banyak Air

Nikmati buah-buahan segar yang mengandung banyak air, misalnya melon, semangka, jeruk manis yang dapat memberi asupan nutrisi untuk menjaga stamina selama berpuasa.

Baca Juga:Ulama Lulusan English for Ulama Jadi Khatib Salat Tarawih Berjemaah di DepokBRI Peduli Beri Beasiswa S2 Pada 36 Jurnalis BRI Fellowship Journalism 2021

Itu dia tips menghindari dehidrasi saat puasa. Semoga lebih semangat lagi untuk menjalani ibadah selama sebulan penuh.(san)

0 Komentar