Meningkat Drastis Setoran Dividen BUMN Hingga BRI Jadi Kontributor Teratas

Meningkat Drastis Setoran Dividen BUMN Hingga BRI Jadi Kontributor Teratas
Meningkat Drastis Setoran Dividen BUMN Hingga BRI Jadi Kontributor Teratas
0 Komentar

RADAR GARUT – Setoran dividen dari Badan Usaha Milik Negara atau singkatnya (BUMN) naik secara drastis pada tahun 2023.

 

Berdasarkan dengan data Kementerian BUMN yang dikutup pada Jumat Tanggal 12 Juli Tahun 2024, kontribusi Perseroan BUMN terhadap negara dalam bentuk dividen mencapai Rp81 triliun.

 

Realisasi itu naik 102,5% secara year on year dibandingkan dengan setoran pada tahun 2022 sebesar Rp40 triliun.

 

Baca Juga:Jokowi Langsung Disambut Oleh Presiden PEA saat Tiba di Abu DhabiBPBD Jabar Lakukan Mitigasi untuk Antisipasi Kekeringan di Musim Kemarau

Maka, secara keseluruhan total kontribusi BUMN terhadap negara termasuk pajak dan PNBP lainnya mencapai Rp636 triliun pada Tahun 2023. Pencapaian itu juga tumbuh dari Rp591 triliun buat periode 2022.

 

Dari sisi kontributor dividen tertinggi buat periode 2023, daftar 5 teratas ditempati oleh BRI, Pertamina, Bank Mandiri, Telkom dan MIND ID.

 

Apabila dirinci, BRI menyetor dividen total senilai Rp23,2 triliun pada tahun 2023, Pertamina Rp14 triliun dan Bank Mandiri Rp12,8 triliun. Adapun, Telkom serta MIND ID masing-masing berkontribusi Rp8,6 triliun dan Rp7,5 triliun.

 

Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo juga mengungkapkan bahwa BUMN secara grup mengkontribusikan 20% pendapatan negara pada periode tahun 2023.

 

“Perbaikan struktur, transformasi budaya maupun keuangan yang dilakukan BUMN juga ikut dirasakan masyarakat sebagai pemegang saham emiten BUMN,” imbuh Tiko.

 

Pada kesempatan terpisah, Direktur Utama BRI, Sunarso juga menegaskan bahwa BRI sebagai perusahaan BUMN, mempunyai peran sebagai agent value creator dan agent of development. Supaya dapat menjalankan fungsi itu secara simultan, BRI harus mencetak keuntungan.

 

Sunarso menekankan bahwa sebagai (bank rakyat), keuntungan yang diperoleh BRI pun pada akhirnya akan kembali ke negara sebagai pemegang saham yang mayoritas, selanjutnya dipergunakan buat kepentingan rakyat Indonesia lewat berbagai program pemerintah.

 

Baca Juga:Viral Selebgram Makasar di Gerebek Polisi saat Open BO di Hotel MewahInggat! Inilah 5 Sasaran Jam Operasi Patuh Lodaya 2024 di Kota Bandung

“Dengan memperoleh keuntungan atau economic value, maka perusahaan BUMN bisa memiliki modal untuk menciptakan social value sehingga ekonomi akan berputar. Dan BRI sudah membuktikan bahwa selama ini bisa menjalankan peran economic value dan social value secara simultan,” ujar Sunarso

0 Komentar