Wabup Garut: Kebanyakan Kasus HIV Disebabkan Kelompok Berisiko

Helmi Budiman Wakil Bupati (Wabup) Garut mengatakan, HIV terjadi kebanyakan dari perilaku berisiko
Helmi Budiman Wakil Bupati (Wabup) Garut mengatakan, HIV terjadi kebanyakan dari perilaku berisiko
0 Komentar

GARUT – Wakil Bupati (Wabup) Garut Helmi Budiman mengatakan bahwa kasus HIV kebanyakan terjadi di kalangan paling berisiko. Diantaranya kelompok yang kerap melakukan hubungan badan berganti-ganti pasangan.

Diantara kelompok tersebut kata Helmi, antara lain gay, lesby yang melakukan hubungan badan sesama jenis. “Penyebab terjadinya HIV yang paling berisiko adalah homoseksual atau gay,” ujar Helmi Budiman, Rabu 13 Desember 2023.

Helmi juga menjelaskan, dari kebanyakan kasus HIV, 85 persen diantaranya dilakukan oleh perilaku berisiko tadi, yaitu seks sejenis dan seks tanpa pengaman.

Baca Juga:Jutaan Batang Rokok Ilegal dan Ribuan Liter Miras Dimusnahkan di GarutPersiapan Menyambut NATARU Garut Persiapkan Stok Lebih Banyak

Untuk mencegah terjadinya penularan HIV, Helmi menekankan pentingnya meningkatkan kesadaran dan mengedukasi masyarakat untuk menghindari perilaku berisiko tadi.

“Kita harus saling mengingatkan untuk tidak melakukan hal-hal yang dapat menyebabkan penularan HIV. Pencegahan tetap menjadi langkah yang lebih baik, karena mencegah lebih murah daripada mengobati, yang bisa memerlukan biaya yang sangat tinggi,” ungkapnya.

Selain itu, Helmi Budiman juga menegaskan bahwa peningkatan kesadaran dan pencegahan bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tetapi juga tanggung jawab bersama masyarakat.

“Peningkatan individu, keluarga, dan kesadaran kolektif harus terus dilakukan. Ini bukan hanya kewajiban pemerintah, tetapi tugas kita semua sebagai sesama manusia, saudara, tetangga, dan teman yang saling mengingatkan,” jelasnya.(shofi)

0 Komentar