5 Tips Kembali Produktif Bekerja Setelah Libur Lebaran, Bikin Semangat!

5 Tips Kembali Produktif Bekerja Setelah Libur Lebaran, Bikin Semangat!
0 Komentar

RADAR GARUT – Berakhirnya jadwal cuti Lebaran tahun 2023, menjadi tanda para pekerja dan mahasiswa harus kembali ke rutinitas semula. Bila sebelumnya pekerja di kota-kota besar berbondong-bondong pulang ke kampung halaman dan menuai banyak kenangan dan cerita.
Kini, saatnya mereka kembali ke kota asal meski penuh dengan perasaan berat meninggalkan tempat yang nyaman. Perasaan berat kembali ke rutinitas semula menurut Dosen Psikologi Unesa, Siti Jaro’ah SPsi MA adalah hal yang wajar. Secara psikologis ada namanya proses transisi dari liburan di kampung halaman dan momen tiba-tiba kembali ke kota tempat bekerja.

“Nah, masa transisi inilah yang harus dimaknai dan dikelola dengan baik sehingga adaptasinya cepat dan bisa kembali semangat lagi,” ucapnya.

Untuk mempermudah proses transisi tersebut, Siti Jaro’ah memberikan lima tips yang bisa dilakukan agar bisa kembali produktif pasca mudik lebaran. Yuk simak!

Baca Juga:5 Destinasi Wisata Alam Terpopuler Di Lembang Bandung TerbaruPantai Sayang Heulang, Rekomendasi Pantai di Garut yang Instagrammable

5 Tips Kembali Produktif Usai Libur Lebaran

1. Ubah Mindset

Mindset adalah satu hal penting yang harus dibenahi pasca libur Lebaran. Pada dasarnya Idulfitri bisa dijadikan momen untuk menjalin silaturahmi dan mempererat persaudaraan.

Dengan demikian, libur Lebaran juga harus dimaknai sebagai waktu jeda, waktu untuk mencari inspirasi dan motivasi agar bisa kembali semangat memulai pekerjaan.

“Agar kita tidak malas kita harus sadar dahulu bahwa kita merupakan harapan dan kebanggaan orang tua atau keluarga. Kesuksesan kita adalah kesuksesan mereka juga. Kita harus sadar itu dan menjadikannya sebagai bahan bakar memulai rutinitas,” paparnya

2. Susun Rencana Baru

Setelah berlibur, pikiran kita akan menjadi “fresh” kembali. Untuk itu, perlu disusunnya rencana kerja atau belajar yang baru agar kita memiliki gambaran apa yang harus dilakukan nantinya.

Dengan menyusun rencana, kita bisa mengurangi ketidakpastian yang bisa membuat kita menunda-nunda berbagai hal.

Tujuan dengan rencana yang baru, bisa memiliki motivasi baru dalam memulai rutinitas setiap harinya.

3. Ingat Tujuan

Tujuan hidup yang telah direncanakan atau ditargetkan sebelumnya akan menimbulkan motivasi baru. Meski begitu, perlu meneguhkan kembali tujuan hidup yang telah dicita-citakan.

0 Komentar