Pinjaman Online Tanpa BI Checking, Tidak Terdeteksi Jika Macet

Perusahaan Pinjaman Online yang tidak memberikan sanksi masuk BI Checking jika terjadi kredit macet (foto pexels)
Perusahaan Pinjaman Online yang tidak memberikan sanksi masuk BI Checking jika terjadi kredit macet (foto pexels)
0 Komentar

Pinjaman Online Tanpa BI Checking, TIdak Terdeteksi Jika Macet – Dalam masalah utang atau kredit, kita sebagai debitur tentunya sangat ingin agar pembayarannya lancar tanpa macet sedikitpun. Hal itu akan menjadi catatan baik tentunya di dalam sistem perbankan atau lembaga keuangan.

Nama kita akan tercatat sebagai nasabah (debitur) yang baik, sehingga ketika melakukan pinjaman ke bank lain atau lembaga keuangan lain, akan mudah.

Bahkan tak jarang, ada bank atau lembaga keuangan yang menawarkan sendiri ke kita, apabila riwayat pinjaman kita lancar tanpa menunggak sekalipun. Banyak bank dan lembaga keuangan yang menawarka kredit kepada seseorang yang memiliki riwayat kredit mulus alias lancar bayar.

Baca Juga:Pinjaman Online BRI Langsung Cair, Bunganya Flat dan RendahKemampuan Keuangan Garut Terbatas, Yudha Desak Bupati Bentuk Forum TJSLP

Karena riwayat itu bisa dilihat dalam BI Checking yang sistemnya terbuka bisa dicek bank dan lembaga keuangan. Yah, seperti itulah kurang lebih cara kerja atau fungsi BI Checking. (pembahasannya akan berlanjut di bawah).

Namun demikian, terkadang kita bisa saja memiliki kendala selama perjalanan kredit dengan bank atau lembaga keuangan seperti leasing. Faktornya bisa beragam. Mungkin saja karena usaha kita tengah turun omsetnya atau kemungkinan terburuk, usaha kita bangkrut.

Hal-hal seperti itulah yang biasanya menyebabkan kredit macet. Kita menunggak bayaran beberapa bulan atau bahkan tidak bisa melunasinya sama sekali.

Catatan buruk tentang riwayat kredit kita itu bisa diakses dengan mudah oleh bank atau lembaga keuangan non bank seperti leasing. Akibatnya kita susah untuk mengajukan kredit ke bank lain atau leasing lain. Kemungkinan besar ajuan kredit kita akan ditolak mentah-mentah.

Pengertian BI Checking

BI Checking atau dalam istilah sekarang disebut SLIK, adalah salah satu layanan informasi riwayat kredit dalam sistem informasi debitur (SID). Bi checking menyediakan informasi tentang kesehatan riwayat kredit.

Sebagaimana yang telah disinggung di atas. Jika riwayat pinjaman kita buruk, terdapat banyak tunggakan atau bahkan sama sekali tidak bisa membayar, maka kemungkinan besar ajuan kredit kita akan ditolak oleh bank lain atau leasing lain. hal itu karena catatan di BI Checking.

0 Komentar