Resep Membuat Dodol Garut dengan Takaran 1 Kg Tepung Ketan

Resep Membuat Dodol Garut dengan Takaran 1 Kg Tepung Ketan
Resep Membuat Dodol Garut dengan Takaran 1 Kg Tepung Ketan
0 Komentar

Radar Garut – Dodol Garut makanan yang berasal dari Kabupaten Garut, Jawa Barat. Dodol Garut ini sering dijadikan oleh-oleh karena mempunyai rasa yang khas. Karena itu dodol Garut sudah taka sing lagi di telinga banyak orang.

Dodol Garut, sama seperti bahan membuat dodol pada umumnya, yaitu terbuat dari bahan utama seperti tepung beras ketan, gula, dan santan kelapa.

Dengan perpaduan dari bahan-bahan tersebut dodol memiliki rasa yang manis dan tekstur yang kenyal serta lengket.

Baca Juga:Resep Membuat Dodol Garut, Makanan Primadona Semua KalanganAtlet Pencak Silat dari Kabupaten Garut Meraih Medali Emas di Porprov Jabar

Untuk bahan pemanis yang terasa di Dodol Garut, biasa digunakan gula merah. Sehingga membuat rasa manis yang khas di dodol Garut.

Kini, Dodol Garut tidak hanya dibuat atau dijual di Kabupaten Garut saja, tapi di beberapa daerah juga sudah banyak dipasarkan bahkan dibuat dodol Garut. Bahkan sudah merambh ke pulau di luar Jawa Barat.

Dodol Garut bahkan juga sudah dipasarkan ke luar negeri diantaranya Brunei Darussalam, Malaysia, dan Singapura atau bahkan di negara lainnya.

Pada saat ini Dodol mengalami perubahan yakni dengan muculnya berbagai varian rasa, diantaranya seperti Dodol Nanas, Dodol Tomat , hingga Dodol Wijen.

Di Kabupaten Garut, Bisnis Dodol mulai berkembang sekitar tahun 1926. Pada saat itu, usaha produksi Dodol Kursinah yang didirikan oleh H. Sirad menjadi pelopor maraknya Dodol Garut.

Seiring makin populernya Dodol Garut ini, banyak pengusaha lokal lain di Garut yang ikut memproduksi Dodol.

Nah berikut ini kami berikan resep atau cara membuat dodol Garut.

Baca Juga:Resep Membuat Dorokdok, Makanan Khas GarutLink Tes Ujian Trauma Jatuh Cinta, Viral di Medsos

Cara membuat Dodol Garut bisa disebut tidak sulit. Karena bahan yang digunakan juga sederhana. Bahan-bahan untuk membuat Dodol Garut sangat mudah untuk dicari.

Tetapi proses membuatnya bisa memakan waktu lumayan lama. Karena bahan Dodol harus diaduk sembari dimasak dalam melakukan pembuatannya.

Berikut ini adalah bahan untuk membuat dodol Garut dengan takaran 1 kilogram tepung ketan:

1 kg tepung ketan

2 kg gula merah

2 sendok makan santan cair

2 ons gula pasir

5 buah kelapa tua untuk santan

Garam secukupnya

Minyak goreng.

Cara pembuatan dodol Garut

0 Komentar