Ini Bahaya Sering Mengonsumsi Makanan Cepat Saji, Berikut Penjelasannya

Ini Bahaya Sering Mengonsumsi Makanan Cepat Saji, Berikut Penjelasannya
Foto: @gabygottau
0 Komentar

Makanan cepat saji tidak dipungkiri, memiliki rasa yang sangat lezat, serta makanan yang mudah ditemui dimana saja dan banyak digemari oleh semua orang, dari yang Dewasa sampai anak-anak suka dengan makanan cepat saji, tidak banyak orang yang tau jika sering mengonsumsi makanan cepat saji penyakit apa yang akan ditimbulkan nantinya.

Dikutip dari halodoc, makanan cepat saji memang memiliki rasa yang lezat, namun jika kita terlalu sering mengonsumsi makanan cepat saji, bisa bahaya dan berisiko mengalami penyakit.

Beriku ini alasan kenapa kita tidak boleh sering mengonsumsi makanan cepat saji, diantaranya:

Baca Juga:Bendera Gagal Dikibarkan Saat Upacara Hari Jadi GarutYakini Pariwisata di Jawa Barat Bisa Maju, Ridwan Kamil Beri Syarat Pengelola Tetap Patuhi Prokes

  • Gangguan Pencernaan

Alasan makanan cepat saji tidak baik yang pertama adalah bisa mengganggu pencernaan. Apalagi bila kamu terlalu sering mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan tinggi garam seperti makanan siap saji, bisa membuat tubuh kamu menyerap lebih banyak air sehingga bisa membuat perut kamu kembung dan membengkak. Selain itu, makanan cepat saji termasuk makanan yang minim serat. Minimnya serat dalam makanan cepat saji bisa menimbulkan konstipasi atau sulit buang air besar.

  • Obesitas

Makanan cepat saji biasanya mengandung gula buatan dan garam yang bisa menyebabkan kegemukan atau obesitas. Selain itu, minyak goreng dan bahan pengawet lainnya yang digunakan untuk mengolah makanan cepat saji bisa membuat tubuh sulit untuk menguraikan lemak yang masuk. Begitu pun juga jumlah kalori yang terkandung dalam makanan cepat saji tergolong banyak.

  • Gangguan Pernapasan

Bagi orang dewasa, makanan cepat saji bisa menyebabkan obesitas. Salah satu dampak yang disebabkan oleh obesitas adalah napas pendek, mengi, atau sleep apnea. Obesitas juga bisa memengaruhi penyakit asma dan sulit tidur. Penelitian terbaru yang dipublikasikan Jurnal Thorax menambahkan jika anak-anak yang mengonsumsi makanan cepat saji bisa berisiko mengidap asma dan rhinitis.

  • Pemicu Munculnya Jerawat

Banyak orang percaya beberapa makanan bisa memicu timbulnya jerawat, di antaranya adalah cokelat dan makanan berminyak. Namun, sebenarnya bukan hanya itu saja. Penyebab munculnya jerawat juga bisa disebabkan karena makanan tinggi karbohidrat. Makanan yang memiliki kandungan karbohidrat tinggi bisa meningkatkan kadar gula darah yang menjadi pemicu jerawat.

0 Komentar