Dadan Hidayatulloh Jadi Pemateri Dialog Kebangsaan PWNU Jabar

DIALOG. Anggota DPRD Jawa Barat  H. Dadan Hidayatulloh, S.Ag.,M.Ipol saat menjadi pemateri pada acara dialog kebangsaan bersama PWNU Jabar, Sabtu (18/12)
DIALOG. Anggota DPRD Jawa Barat  H. Dadan Hidayatulloh, S.Ag.,M.Ipol saat menjadi pemateri pada acara dialog kebangsaan bersama PWNU Jabar, Sabtu (18/12)
0 Komentar

Sampaikan Pentingnya Mempertahankan NIlai-nilai Pancasila

BANDUNG –  Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat H. Dadan Hidayatulloh, S.Ag,mM.Ipol ditunjuk menjadi salah satu pembicara pada acara “Dialog Kebangsaan Kerjasama PWNU Jawa Barat dan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) di Bandung, Sabtu (18/12/2021).

Dalam kegiatan yang memiliki tema “Peran NU dalam Mengarusutamakan Pancasila” itu, Dadan Hidayatulloh berpesan agar seluruh pihak termasuk masyarakat khususnya peserta sosialisasi 4 pilar untuk memahami, menerapkan dan turut mensosialisasikan nilai-nilai pancasila kepada orang lain.

“Nilai-nilai pancasila ini tentu menjadi pegangan kita semua di tengah keberagaman bangsa ini, sehingga pancasila menjadi pedoman untuk berbangsa dan bernegara. Untuk itu, penerapan nilai-nilai pancasila ini menjadi pondasi bahkan benteng dari paham-paham yang berpotensi memecahbelah bangsa,” kata Anggota DPRD Jabar Fraksi PKB ini.

Baca Juga:Kendalikan Harga Minyak, Airlangga Sidak ke PasarMenko Airlangga Ajak Generasi Muda Manfaatkan Presidesi G20

Dadan menambahkan, pihaknya bersyukur saat ini nilai-nilai pancasila masih menjadi pegangan dalam mengarahkan pemikiran hingga tindakan masyarakat Indonesia. Kendati dalam praktiknya masih ada pihak-pihak yang pemikiran dan perilakunya masih jauh dari nilai-nilai pancasila, dengan penguatan ideology 4 pilar ini maka ia meyakini gerakan-gerakan tersebut bisa terkikis bahkan hilang.

“Tentu nilai-nilai pancasila ini tidak boleh berhenti untuk disosialisasikan sehingga pancasila ini benar-benar menjadi ideologi masyarakat Indonesia sebagai dasar untuk berpikir hingga bertindak,” katanya.

Dadan melihat, organisasi masyarakat islam Nahdlatul Ulama saat ini telah memberikan peran penting dalam mempertahankan nilai-nilai pancasila. Sehingga kata Dadan, peran ormas islam terbesar di Indonesia ini bisa menjadi gambaran atau contoh bagi organisasi lainnya dalam peranan mengimplementasikan nilai-nilai pancasila dalam tatanan kehidupan di masyarakat.

Penerapan nilai-nilai pancasila tidak akan lekang oleh waktu, baik dalam kondisi apapun nilai-nilai pancasila masih sangat relevan untuk diterapkan. Hal tersebut terbukti dari beberapa fase kepemimpinan dan perubahan zaman bahkan ketika pandemic covid-19 melanda, nilai-nilai pancasila ini selalu menjadi acuan sebagai ideologi berbangsa dan bernegara. (erf/adv)

0 Komentar