Tim Gabungan Lintas Dinas Lakukan Pengujian Keamanan Pangan di Sejumlah Pasar

Tim Gabungan Lintas Dinas Lakukan Pengujian Keamanan Pangan di Sejumlah Pasar
istimewa
0 Komentar

GARUT – Tim gabungan lintas Dinas yang ada di lingkungan Pemkab Garut melakukan inspeksi mendadak (sidak), Rabu (5/5/2021) ke sejumlah pasar tradisional. Dalam sidak tersebut dilakukan uji tes bahan pangan untuk memastikan keamanannya saat dikonsumsi masyarakat.

Kepala Bidang Ketahanan Pangan pada Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Garut, Supriatna menyebut bahwa kegiatan itu dilakukan untuk melindungi masyarakat dari kemungkinan terkena cemaran pangan. Setidaknya ada puluhan bahan pangan yang diuji.

“Untuk yang diambil itu ada daging, sayur, cabe, Tauge, cabe rawit, tomat, buah-buahan, bawang merah, cabe merah, kemudian ada cabe gendot, cabe hijau. Kurang lebih ada 20 sampel kemudian buah-buahannya ada jeruk, pir dan anggur,” sebutnya.

Baca Juga:Guru MDT Dapat Insentif dari Pemkab GarutMenipu Tesla

Dalam kesempatan itu Supriatna meminta agar masyarakat tetap tidak membeli bahan pangan yang sudah rusak dan busuk karena bisa berbahaya untuk kesehatan tubuh.

“Sebaiknya menggunakan pangan segar itu betul-betul pangan yang bermutu, hindari pangan-pangan yang sudah rusak baik busuk atau tercemar obat kimia berbahaya,” katanya.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner pada Dinas Peternakan dan Perikanan Garut, Agustina menyebut bahwa pihaknya menguji 30 sampel produk pangan asal hewan untuk diuji. Sampel yang diambil mulai daging ayam, pangan lahan segar seperti sosis, nugget, dan bakso.

“Hasilnya sampai saat ini Alhamdulillah negatif, jadi tidak ada penyimpangan dalam pemberian boraks, formalin, maupun penjualan bangke ayam. Untuk pengecekan ini kita memakai rapid test yaitu rapid test borax, formalin, serta rapid untuk uji bangke ayam. Untuk masyarakat semoga pandai memilih mana yang daging baik, mana yang kurang layak untuk dikonsumsi bagi kita semua,” sebutnya.

Agustina berharap masyarakat bisa membedakan daging yang layak dikonsumsi dan tidak layak dikonsumsi berdasarkan ciri fisiknya. “Ddaging sapi itu warnanya merah, segar, berbau khas daging tidak berbau busuk, dan untuk daging ayam itu warnanya putih, terlihat mengkilap, waktu dipegang itu dia kenyal,” jelasnya. (igo)

0 Komentar