1 Rumah di Cilawu Garut Tertimbun Longsor, 9 Rumah lainnya Terancam

0 Komentar

RadarPriangan.com, GARUT – Sebuah rumah di Kampung Cigangsa, Desa Sukamaju, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut tertimbun longsor, Selasa (15/12/2020).

Longsor tersebut terjadi pasca hujan deras yang terjadi pada Selasa (15/12). Akibatnya sembilan rumah lainnya juga ikut terancam dan menyebabkan penghuninya diungsikan ke tempat yang lebih aman.

Komandan Koramil Cilawu, Kapten Inf Edi Subekti menyebut bahwa peristiwa longsor terjadi pada sore menjelang malam.

Baca Juga:Atap Sekolah di Pangatikan Garut AmbrukPetani Garut Mengeluh Harga Pupuk Mahal, Tapi Kartu Tani Belum Bisa Digunakan

“Yang longsor sebuah tebing dengan ketinggian 4 meter, panjangnya 10 meter dan lebarnya 2 meter,” sebutnya.

Longsor tersebut mengakibatkan sebuah rumah milik Muhlisin (60) hancur tertimpa longsor material tanah.

“Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut karena di dalam rumah yang tertimbun longsor sedang tidak ada orang. Namun memang rumah ukuran 6×7 meter itu hancur tertimbun longsor. Kerugian diperkirakan sekitar rp 85 juta,” kata Edi.

Pihaknya, diakui Edi, bersama masyarakat sekitar langsung bergotong royong membersihkan material tanah dan puing-puing rumah menggunakan alat seadanya.

Selain itu, pihaknya juga bersama warga membantu mengevakuasi warga yang tinggal di sembilan rumah di sekitar lokasi longsor.

“Warga yang tinggal di sembilan rumah memang terpaksa diungsikan karena khawatir ada longsor susulan. Sembilan rumah yang penghuninya diungsikan adalah milik Tati, Ejen, Elis, Anda, Iin, Eha, Ede, Ikah, dan Dede,” tutup Edi. (igo)

0 Komentar