Mandi Cuci Kakus dari Air Sawah, Warga Garut ini Minta Dana Desa Perbaiki Sumur Bor

0 Komentar

RadarPriangan.com, GARUT – Warga RW 01, Desa Banjarsari, Kecamatan Bayongbong, Kabupaten Garut, menggunakan air sawah untuk kebutuhan mandi cuci kakus (MCK).

Ketua RW 01, Oop Sopandi menjelaskan, sumur bor yang selama ini digunakan untuk MCK mengalami kerusakan selama kurang lebih 4 tahun lalu.

Praktis, sejak saat itu mereka tidak ada lagi sumber air bersih, sehingga menggunakan air dari sawah untuk kebutuhan mandi cuci kakus. Walaupun sebagian warga juga ada yang membuat sumur sendiri.

Baca Juga:Habib Rizieq Ditahan, Pasal yang Disangkakan Dinilai Tidak KuatSatpol PP Kota Bandung Unggah Foto Pelanggar Prokes di Medsos

” Waktu Gusdur jadi Presiden itu baru sumur bor bitu ini dibangun. Lama sekali, hampir 16 tahunan lah (berjalan),” katanya (12/12/2020).

Sejak rusak kata Oop, warga sudah berusaha mengusulkan kepada Desa Banjarsari agar sumur bor ini diperbaiki dan dioptimalkan lagi. Namun belum sempat terealisasi karena kepala desa saat itu meninggal dunia.

” Saya selaku RW 01 saya pernah permintaan kepada bapak Lurah Upri, mungkin kerena waktu itu saya permintaan sumur ini dibor lagi tapi urah upri meninggal jadi belum sempat tersentuh gitu pak,” kata Oop.

Namun demikian,Oop berharap kepada PJS kepala desa saat ini agar bisa merealisasikan permintaan masyarakat tersebut. Pasalnya ada 5 RT yang selama ini membutuhkan air bersih dari sumur bor tersebut. (RP)

0 Komentar