Gerbang Pendopo Garut Ditutup, Penghasilan Tukang Becak Menurun

Ale/ Radar Garut
Gerbang Pendopo jalur Jalan Kabupaten ditutup setelah kepemimpinan PJ Bupati Garut, Barnas Adjidin.
0 Komentar

GARUT – Sejumlah tukang becak yang biasa mangkal di Jalan Kabupaten, Garut Kota, mengeluh, lantaran saat ini gerbang pendopo dilakukan penutupan sejak kehadiran Penjabat (PJ) Bupati Garut, Barnas Adjidin, beberapa bulan lalu.

Penutupan gerbang pendopo itu dirasakan menjadi salah satu penyebab menurunya penghasilan tukang becak.

” Gini, biasanya kan banyak orang sini atau orang kaum yang misalkan mau belanja ke yogya (toserba), banyak yang naik becak, lumayan kan 10ribu-15ribu ongkosnya. Semenjak ini ditutup mereka jadi jalan kaki, karena becak sudah tidak bisa masuk lagi,” ujar salah satu tukang becak, yang sedang mangkal di jalan Kabupaten, Kamis 16 Mei 2024.

Baca Juga:Wisuda Lulusan SMKN 1 Garut Berjalan Meriah, Sekolah Tampilkan Bakat SiswaSopir Bus Kecelakaan Study Tour di Subang Ditetapkan Jadi Tersangka

Selain itu, menurutnya, banyak juga penumpang yang turun dari Angkutan Kota (angkot) untuk kemudian naik becak dengan tujuan pengkolan.

“Tapi kan sekarang jadi tidak ada, mereka tidak lagi turun disini. Kalaupun bisa naik becak ya harus muter jalanya,” ujarnya.

Penutupan gerbang pendopo itu, tentunya sangat berdampak bagi penghasilan tukang becak. Selain itu mereka juga harus rela kehilangan penumpang langgananya.

” Langganan yang biasa minta antar belanja ke arah sana (yogya) juga sekarang jadi tidak ada,” katanya.

“Ya memang masih bisa ke arah Yogya tapi kan harus muter dulu jauh, mungkin penumpang juga lebih pilih jalan kaki daripada harus keliling,” sambungnya.

Mereka juga berharap gerbang pendopo untuk bisa kembali di buka seperti sebelumnya, karena menurutnya jalur itu merupakan salah satu jalur penghasilan bagi tukang becak.

“Mudah-mudahan bisa kembali di buka. Penghasilan jadi tukang becak itu tidak seberapa lah, di tambah jalur ini ditutup jadi makin sulit,” ungkapnya.

Baca Juga:Pria yang Bunuh Ibu Kandung di Sukabumi Mempunyai Masa Lalu Kelam, Ayahnya Dibunuh Karena Dituduh Dukun SantetKPP Pratama Garut Berikan Penghargaan kepada Wajib Pajak Atas Kontribusi Penerimaan Pajak Tahun 2023

Pantauan di lapangan, akses gerbang pendopo yang masuknya dari Jalan Kabupaten sudah tidak bisa lagi dilalui oleh pengendara, banyak motor yang kemudian balik arah. Hanya pejalan kaki yang bisa masuk melalui gerbang tersebut. (Ale)

0 Komentar