Apakah Emas Bisa Menjadi Karatan? Inilah Cara Menjaganya

Apakah Emas Bisa Menjadi Karatan? Inilah Cara Menjaganya
Apakah Emas Bisa Menjadi Karatan? Inilah Cara Menjaganya
0 Komentar

RADAR GARUT – Apakah emas bisa menjadi karatan? Simak dibawah ini agar paham beserta cara menjaganya.

Emas adalah salah satu logam yang paling tahan terhadap korosi dan oksidasi. Itu sebabnya emas secara alami tidak mudah berkarat seperti besi atau baja.

Namun, ini tidak berarti emas benar-benar kebal terhadap segala jenis kerusakan.

Baca Juga:4 Uang Logam Paling Mahal Diindonesia Diburu Kolektor, Simak Disini!Uang Koin Kuno Rp100 Burung Kakak Tua Dijual Rp2 Juta, Benarkah?

Meskipun emas tidak berkarat, ia dapat berubah atau rusak dalam situasi tertentu. Emas murni (24 karat) sangat lunak dan rentan terhadap goresan dan deformasi.

Untuk mengatasi hal ini, emas sering dicampur dengan logam lain seperti perak atau tembaga untuk meningkatkan kekerasan dan daya tahannya.

Emas  karat  rendah (seperti 18  atau 14 karat) lebih tahan  aus dan goresan daripada emas murni.

Selain itu, emas juga bisa rusak akibat paparan bahan kimia tertentu. Misalnya,  bahan kimia tertentu seperti asam nitrat atau asam sulfat kuat dapat merusak atau melarutkan emas.

Namun, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk menjaga keindahan dan keawetan emas, terutama emas perhiasan atau logam berkarat bercampur emas

  1. Hindari paparan bahan kimia

Cobalah jauhkan emas Anda dari  bahan kimia  keras atau kaustik seperti asam kuat, pemutih, atau  pembersih berbahan dasar amonia.

Bahan kimia ini dapat merusak permukaan emas atau paduannya.

  1. Hindari kontak dengan air dan kelembapan yang berlebihan

Meskipun air atau kelembapan tidak menimbulkan korosi pada emas, hal itu dapat menyebabkan perubahan warna atau menggelapkan permukaan emas.

Baca Juga:Mengenal Emas Kadar 375, Inilah Update Harga TerbaruKoin Kuno 1 Sen 1962 Riau Lusture Asli Bernilai Jutaan, Pastas Ini Sejarahnya

Hindari memakai perhiasan emas di bak mandi,  di kolam  yang diklorinasi atau bersentuhan dengan air panas, dan ingatlah untuk menyimpan emas  di tempat yang kering.

  1. Melindungi dari goresan dan penyok

Meskipun emas tidak berkarat, emas murni (24 karat) sangat lembut dan rentan terhadap goresan.

0 Komentar