Makanan Khas Kabupaten Ciamis, Wajib Dicoba Ketika Berkunjung

sreenshot youtube
sreenshot youtube
0 Komentar

Makanan Khas Kabupaten Ciamis – Ciamis merupakan nama kabupaten di Provinsi Jawa Barat. Kabupaten Ciamis berada di sebelah tenggara Jawa Barat berbatasan dengan Kabupaten Majalengka, Kuningan, Cilacap, Kota Banjar, Kabupaten Pangandaran, Maupun Kabupaten/kota Tasikmalaya.

Layaknya daerah lain, Kabupaten Ciamis juga mempunyai makanan khas yang bisa menjadi oleh-oleh bagi wisatawan luar untuk dibawa pulang ketika berkunjung.

Banyak sekali makanan khas Kabupaten Ciamis yang rasanya lezat dan siap memanjakan lidah.

Baca Juga:Bupati Garut Sebut Akan Ada Penyelesaian Masalah BIJKata Sindiran Buat Bos yang Tidak Adil Agar Berubah

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi makanan khas Kabupaten Ciamis bagi anda para wistawan luar yang hendak berkunjung ke Ciamis.

1. Galendo

Galendo merupakan makanan khas dari Kabupaten Ciamis yang terbuat dari sari pati kelapa (santan kelapa).

Cara mengolah santan kelapa ini dengan cara direbus sampai terjadi proses pembentukan minyak. Kemudian dari minyak kelapa itu akan ada endapan yang dinamakan galendo.

Galendo pada endapan ini masih berupa serbuk yang terkadang mengandung minyak. Proses selanjutnya dilakuakn press pada galendo basah tadi agar minyaknya keluar sehingga menjadi galendo yang padat.

Barulah setelah di-press, galendo akan dikeringkan dan siap dipotong untuk disajikan ataupun dikemas untuk oleh-oleh.

Sekarang ini galendo juga banyak variasi rasa, ada yang rasa lemon, apel, strawberry, coklat dan susuk, kemudian juga rasa original.

2. Pindang Gunung

Makanan khas selanjutnya dari Kabupaten Ciamis adalah pindang gunung. Pindang gunung sendiri merupakan hidangan ikan berkuah dengan bahan utama dari ikan.

Baca Juga:Aplikasi Edukasi Tri Membantu Belajar Saat Pandemi Covid-19Kusir Delman di Jalur Limbangan-Malangbong Akan Dapat Kompensasi, Karena Dilarang Beroperasi Saat Mudik

Biasanya ikan yang dijadikan pindang gunung adalah ikan kakap, kakap merah, tongkol, mangmung atau carwang. Ikan-ikan itu dipotong kemudian dimasak di panci.

Pindang gunung kerap disajikan dalam bentuk berkuah yang segar. Campuran bumbu yang digunakan antara lain kemiri, cabe, terasi, garam, jahe, dan bahan lainnya.

3. Dendeng Sapi

Makanan khas selanjutnya dari Kabupaten Ciamis adalah dendeng sapi. Makanan ini kerap dihidangkan dalam acara spesial seperti syukuran.

Dendeng sapi dari Ciamis ini disajikan dalam bentuk potongan tipis-tipis kemudian dibumbui dengan rempah yang selanjutnya dikeringkan. Dengan begitu, dendeng sapi akan awet jika disimpan dalam waktu relatif lama.

0 Komentar