Cara Membuat Briket, Bahan Bakar Alternatif yang Murah

Briket adalah bahan bakar alternatif yang murah dan ramah lingkungan. Cara membuatnya pun cukup mudah (foto shutterstock)
Briket adalah bahan bakar alternatif yang murah dan ramah lingkungan. Cara membuatnya pun cukup mudah (foto shutterstock)
0 Komentar

 

Bahan Pembuatan Briket Serbuk Kayu :
• Serbuk kayu
• Tempurung kelapa
• Lem kanji
Peralatan :
• Ayakan ukuran lolos 50 mesh dan 70 mesh
• Oven
• Cetakan briket

Cara membuat briket serbuk kayu

1. Pengarangan

Dalam proses ini serbuk kayu yang sudah didapatkan, dibakar agar menjadi arang.

2. Pengayakan

Jika sudah menghasilkan arang serbuk kayu, maka lakukan proses pengayakan untuk menghasilkan tepung arang. Anda bisa menggunakan saringan ukuran kelolosan 50 mesh.

3. Pencampuran

Baca Juga:Tulisan Marhaban Ya Ramadhan, Arab, Latin, Arti, dan ContohnyaKata-kata Panjang Buat Pacar, Buat Dia Begitu Berarti

Arang serbuk gergaji yang sudah disaring tadi selanjutnya dicampur dengan menggunakan perbandingan arang serbuk kayu 90 persen, dan juga arang tempurung kelapa seabanyak 10 persen.

Kemudian dalam proses pencampuran ditambah dengan lem kanji sebanyak 2,5 persen dari seluruh campuran arang tadi.

4. Pencetakan briket arang

Setelah proses pencampuran selesai, maka selanjutnya proses pencetakan.

Bahan arang tadi masukkan ke dalam cetakan briket dan ditempa. Lalu briket dikeringkan menggunakan oven pengering atau dijemur di bawah sinar matahari.

Seperti itulah Cara Membuat Briket, Bahan Bakar Alternatif yang Murah. Dengan briket anda sesekali bisa menggunakannya sebagai bahan bakar alternatif untuk menghemat pengeluaran.

0 Komentar