Update Terbaru Nih, BPKP Jawa Barat Gelar Workshop Evaluasi Pengelolan Keuangan di Garut

Update Terbaru Nih, BPKP Jawa Barat Gelar Workshop Evaluasi Pengelolan Keuangan di Garut
Update Terbaru Nih, BPKP Jawa Barat Gelar Workshop Evaluasi Pengelolan Keuangan di Garut
0 Komentar

RADAR GARUTUpdate terbaru nih, BPKP jawa barat gelar workshop evaluasi pengelolan keuangan di garut.

BPKP atau Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Provinsi Jawa Barat akan mengadakan Workshop Evaluasi Pengelolaan Keuangan serta Pembangunan Desa, di Gedung Pendopo, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut pada tanggal 3 Oktober tahun 2023.

Asisten Daerah I Bidang Pemerintahan serta Kesejahteraan Rakyat (Pemkesra) Garut, Bambang Hafidz, kini akan mengungkapkan bahwa kegiatan ini mempunyai signifikansi penting. Beliau juga menjelaskan bahwa selama 10 tahun terakhir, dana desa sudah menjadi sumber penting buat pembangunan desa saat diberlakukannya Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 terhadap Desa.

Baca Juga:Helmi Budinam Hadiri Serah Terima Jabatan Karutan Kelas IIB GarutPenjabat Gubernur Jabar: Minta Kepala Daerah di Jawa Barat Jaga Inflasi dan Tekan (Stunting)

“Masing masing desa hampir atau setiap desa menerima dana desa itu hampir sama nilainya di Kabupaten Garut mungkin perbedaannya tidak terlalu signifikan,” ungkapnya.

Bambang juga mengatakan, di Kabupaten Garut, capaian pembangunan desa tak selalu sama, meskipun besaran Alokasi Dana Desa (ADD) yang diterima dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) kini hampir seragam. Terdapat desa maju, desa mandiri, hingga desa berkembang di Kabupaten Garut.

Menurutnya, hal ini akan menjadi tantangan buat pemerintah daerah, terutama para kepala desa berkembang buat mencapai hasil yang lebih baik.

“Mungkin salah satunya adalah dari tata kelola pengelolaan anggaran maupun tata kelola pemerintahan, tang dalam hal ini, faktor utama yang menjadi penentu ialah faktor leadership kepala desa,” Tuturnya.

Bambang menilai bahwa Workshop yang diselenggarakan sama BPKP Provinsi Jawa Barat ialah kegiatan yang sangat penting buat diikuti oleh seluruh desa.

Beliau juga berterima kasih kepada BPKP Jawa barat atas penyelenggaraan kegiatan ini dan berharap kegiatan semacam ini akan dapat diadakan dengan secara reguler mengingat urgensi pengawasan sama pengelolaan keuangan desa.

“Mungkin ada kepala desa yang baru tahun ini atau baru periode ini yang menjabat, tentu ini suatu hal yang masih baru atau awam bagi mereka, ada yang sudah dua periode semenjak Undang-Undang Desa ini berlaku,” Katanya.

Baca Juga:Cek Alamat Wisata Ini, Dijamin Pesona Curug Jagapati Cisompet Garut Bisa Ademkan HatiRudy Gunawan Apresiasi Festival Penyayi Dangdut di Gedung Art Center

Koordinator Pengawas atau (Korwas) Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah I BPKP Provinsi Jawa Barat, Risnandar, mengungkapkan, Workshop kali ini juga mengangkat tema “Pengelolaan Keuangan Desa yang Akuntabel Dalam Rangka Peningkatan Produktivitas buat Transformasi Ekonomi Desa Yang Berkelanjutan”, yang bertujuan bisa meningkatkan kapasitas pegawai pemerintah daerah serta perangkat desa dalam mengelola keuangan desa.

0 Komentar