Rahasia Sukses Penggunaan Emoji dan Stiker dalam Komunikasi WhatsApp Business

Hendri Pramadya (Dosen ASMTB
Hendri Pramadya (Dosen ASMTB)
0 Komentar

 

Emoji juga digunakan untuk menarik perhatian pada informasi penting atau untuk menyorot item tindakan. Misalnya, tanda centang ✅ untuk mengonfirmasi pesanan atau jam⏰ untuk menekankan tenggat waktu. Dengan demikian, emoji harus mencerminkan penyampaian pesan yang diinginkan secara jelas untuk menghindari penggunaan emoji ambigu yang dapat disalahartikan.

 

Meskipun emoji dan stiker dapat membuat pesan menjadi lebih menarik, penggunaan berlebihan dapat membuat komunikasi tampak tidak profesional. Gunakan dengan hemat untuk menjaga keseimbangan. Selalu pertimbangkan konteks percakapan. Diskusi formal, terutama yang menyangkut masalah hukum atau keuangan, sebaiknya meminimalkan penggunaan emoji.

 

Pelaku bisnis juga sebaiknya menggunakan emoji untuk mengekspresikan empati atau penghargaan dalam interaksi dukungan pelanggan. Misalnya, wajah sedih 😢 karena mengakui suatu masalah, dan hati ❤️ karena menunjukkan rasa syukur. Oleh karena itu, pesan promosi akan lebih menarik dengan menambahkan emoji yang relevan. Misalnya, gunakan megafon 📣 untuk pengumuman atau hadiah 🎁 untuk penawaran spesial. Namun demikian, perhatikan perbedaan budaya dalam penafsiran emoji. Beberapa emoji mungkin memiliki arti berbeda di budaya berbeda, jadi penting untuk menggunakannya dengan tepat.

 

Baca Juga:Kelebihan dan Kekurangan Realme C63, Ponsel Terbaru 2024 yang Mirip dengan Iphone 15 ProKylian Mbappe Cetak Gol saat Les Bleus Menang, dan Ini Hasil Pertandingan Prancis Vs Luksemburg

Pelaku bisnis juga harus memastikan emoji yang digunakan tidak menyesatkan atau salah menggambarkan informasi, terutama dalam konteks pemasaran dan periklanan. Jangan gunakan emoji dengan cara yang dapat melanggar privasi atau ruang pribadi, terutama dalam komunikasi sensitif. Contoh:  “Pesanan Anda telah dikirim! 📦🚚 Perkiraan pengiriman: 3-5 hari. Terima kasih telah berbelanja dengan kami! 😊”. “Kami menyesal mendengar masalah ini 😔. Contoh lain, “Berita menarik! 🎉 Nikmati diskon 30% untuk pembelian berikutnya dengan kode HEMAT30. Hanya dalam waktu terbatas! ⏳”

 

Selain emoji, penggunaan stiker dalam komunikasi WhatsApp bisnis bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk berinteraksi dengan pelanggan, namun stiker harus digunakan sesekali saja. Penggunaan yang berlebihan dapat membuat komunikasi Anda tampak kurang profesional.

 

Stiker harus relevan dengan tema percakapan.  Seperti emoji, stiker juga dapat mencerminkan kepribadian merek. Stiker khusus yang selaras dengan merek tertentu bisa sangat efektif. Berikut contoh stiker untuk pesan bisnis dalam WhatsApp:

0 Komentar